Pengunjung Obyek Wisata Pantai Gunung Kidul Membludak di Libur Lebaran

Yogyakarta – Pengunjung Obyek Wisata Pantai Gunung Kidul Membludak di Libur Lebaran. Kebijakan pemerintah untuk memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk merayakan lebaran dikampung halaman masing – masing ,banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tempat – tempat wisata.

Dari pantauan investigasi86 di lapangan,Kamis (05/05/2022) dibeberapa obyek wisata khususnya obyek wisata pantai yang berada diwilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terlihat padat pengunjung.Terlihat beberapa ruas jalan akses masuk pantai dipadati kendaraan,baik roda dua maupun roda empat.Hampir semua akses jalan arah masuk pantai di wilayah Gunung Kidul macet.

Seperti yang terlihat di pos Tempat Pemungutan Retribusi Induk pantai Baron, nampak antrian panjang kendaraan bermotor yang hendak menuju pantai Baron sangat panjang, akibatnya arus lalulintas pun macet total.

M.Arif Aldian,Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul saat dijumpai investigasi86.com dipos TPR 2 Pantai Baron ,Kamis (05/05/2022) menuturkan, kemacetan akibat membludak nya pengunjung yang hendak liburan menuju beberapa obyek wisata pantai diwilayah Kabupaten Gunung Kidul tahun ini sudah diantisipasi jauh – jauh hari sebelum lebaran.

“Kami sudah mengantisi membludaknya jumlah pengunjung dikawasan pantai sebelum lebaran, mengingat lebaran tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik, kami sudah berkoordinasi dengan beberapa jajaran di dinas, baik dari kepolisian, maupun dinas perhubungan Kabupaten Gunung Kidul, untuk bisa mengantisipasi nantinya bisa mengurai kemacetan akibat membludak nya pengunjung.”tuturnya

Lebih lanjut Arif menjelaskan untuk jumlah pengunjung dilebaran tahun ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi,mengingat dua tahun kemarin pemerintah masih melakukan pembatasan ketat untuk para pemudik.

Untuk jumlah pengunjung sendiri rata – rata masih didominasi masyarakat luar daerah, seperti jakarta,bogor,dan Jawa Barat .

“Untuk lebaran tahun ini jumlah pengunjung diobyek wisata pantai diwilayah Kabupaten Gunung Kidul memang mengalami peningkatan mas, untuk H + 3 dan 4 ada kurang lebih sekitar 40 ribu lebih pengunjung.

Untuk tahun ini ya masyarakat seperti baru keluar dari kekangan,jadi mereka bisa bebas untuk mudik dan berwisata, khususnya wisata pantai.

Kami juga tentunya sudah mempersiapkan dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk para pengunjung,kami menyediakan masker gratis untuk para pengunjung,’jelasnya.

Terkait simpang Mulo yang akhir- akhir ini di alihkan ke barat menuju TPR induk kepada awak media investigasi 86 menjelaskan bahwa untuk kendaraan pengangkut wisatawan jenis bus di larang memasuki jalur Tempat Pemungutan Retribusi Pule beliau memberikan keterangan bahwa sudah ada koordinasi dinas terkait Polres Beserta Dinas Perhubungan Gunung Kidul.

“Kemarin kami sudah bertemu dan saling koordinasi adanya pengalihan jalur bus,di sinyalir mencegah kemacetan saat bus berpapasan karena jalur yang memasuki jalannya sempit dan ada titik tikungan yang tajam dan sangat rentan terjadi kecelakaan jika kendaraan berpapasan ,”tegasnya.

 

Seperti diketahui untuk destinasi wisata, khususnya wisata pantai wilayah Kabupaten Gunung Kidul ini banyak pilihan. Tentunya ini juga manjadi daya tarik atau magnet tersendiri untuk wisatawan dari luar wilayah Gunung Kidul yang penasaran ingin mengunjungi nya.

Selain lokasinya juga sejuk, pemandangan alam disepanjang pantainya pun juga indah, dari arah timur kita bisa ke pantai wediombo,pantai siung,pantai pok tunggal,pantai indrayanti,pantai sundak,pantai slili,pantai sepanjang,pantai watu kodok,pantai baron,krakal,kukup,dan masih banyak lagi pantai yang indah di kawasan wonosari.

Alyaa’,salah satu pengunjung yang jauh – jauh datang dari Bogor, saat diminta keterangan media investigasi.86 dikawasan pantai Drini, menuturkan dia dengan keluarganya nya sengaja liburan Di jogja, Tujuan khusus di Kabupaten Gunung Kidul untuk berwisata pantai,yang kabarnya ada lebih dari 15pantai.

“Ini saya sama keluarga sengaja kesini mas,ya awal ya lihat – lihat di Instagram kalau banyak pantai di Jogja.Ya saya memutuskan untuk lebaran ini liburan di Pantai di Gunung Kidul.Pantaiya bersih dan berpasir putih,tidak kalah dengan di Bali.”ucapnya(Ananta)

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com