More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Aktivis Dani Pertanyakan Rentetan Kasus Adanya Dugaan Korupsi Di Sleman Yang Tak Kunjung Usai

Sleman – Rentetan kasus dugaan penyalahgunaan pemanfaatan tanah kas desa (TKD) yang terjadi di beberapa Kelurahan di Kabupaten Sleman kurun waktu 2023 yang lalu menyisakan potret kelam buruknya pengawasan sistem pemerintahan Desa.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Pos Pengaduan Rakyat (Pos-Pera) Dani Eko Wiyono kasus dugaan korupsi penyalahgunaan pemanfaatan TKD yang menyeret beberapa pejabat Kelurahan dan Kepala Desa, bahkan termasuk Kepala Dinas Pertanahan dan Tata ruang propinsi DIY pun ditetapkan sebagai tersangka itu telah menyita perhatian publik.

Namun Dani juga menyayangkan hingga saat ini masih banyak juga kasus-kasus yang belum juga terungkap, bahkan seolah seperti dikaburkan kasusnya.

“Saya cukup mengapresiasi kinerja baik kejaksaan tinggi Yogyakarta maupun aparat penegak hukum yang sudah mengungkap beberapa kasus dugaan korupsi penyalahgunaan pemanfaatan TKD yang terjadi di  Kabupaten Sleman, namun sayang masih banyak juga kasus-kasus yang diduga melibatkan oknum anggota legislatif bahkan pejabat yang hingga detik ini belum juga terungkap.” Tutur Dani kepada investigasi86.com, Sabtu (13/01/2024)

Dani juga mempertanyakan beberapa kasus yang diduga juga melibatkan oknum anggota legislatif dan pejabat di Sleman yang seolah-olah tak berujung pangkal dan terkesan dikaburkan kasusnya.

“Yang jadi pertanyaan saya diantara sekian kasus yang diduga melibatkan oknum legislatif dan pejabat ini kok terkesan tidak ada penyelesaian dan penjelasannya.” Ucapnya

“Kasus kepemilikan kafe bawah langit yang juga masuk dalam kasus penyalahgunaan pemanfaatan TKD, Pembangunan kolam renang di rumah dinas Bupati Sleman yang tidak sesuai dengan lelang proyek, hingga kasus dugaan korupsi dana Hibah Pariwisata yang disalurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ke Kabupaten Sleman pada tahun anggaran 2020 lalu namun sampai saat ini pun belum ada titik terangnya.” Lanjut Dani

Seperti diketahui kasus dugaan korupsi dana hibah pariwisata dari Kemenparekraf waktu itu sempat ditangani Kejari Sleman.

“Jaksa kemudian waktu itu menaikkan status penyelidikan menjadi penyidikan pada April 2023 lalu dan dikatakan proses penyidikan akan terus berjalan. Namun kenyataannya sampai sekarang prosesnya sampai dimana? Itu yang Jadi pertanyaan saya termasuk beberapa kasus dugaan yang lain, sejauh mana penanganannya?.” Ungkapnya

Menurutnya ada dugaan kasus tersebut akan  berpotensi dikaburkan dan tidak ada tindak lanjut atau penyelesaiannya.

“Saya hanya mempertanyakan penyelesaian dugaan kasus-kasus tersebut Kok belum selesai-selesai dan kasus-kasus tersebut sangat berpotensi untuk dikaburkan.” Pungkasnya

Dani berharap segera ada penyelesaian dan tindak lanjut dari instansi/dinas terkait dengan rentetan adanya dugaan kasus korupsi yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. (Red/Ananta)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
INVESTIGASI 86 di Google News