More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Way Kanan
Yogyakarta

Bupati Kepulauan Meranti Kena OTT KPK, Berikut Karir Politik Muhammad Adil

Foto: Bupati kepulauan Meranti Muhammad Adil dan Gedung KPK di jakarta
INVESTIGASI 86 di Google News

RIAU • Bupati Kepulauan Meranti Muhammad adil terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK Kamis malam 8 April 2023, selain Bupati Meranti KPK juga menangkap puluhan pejabat pemerintah Kabupaten Meranti.

Usai terjaring operasi tangkap tangan oleh KPK, Bupati Meranti Muhammad adil dan puluhan pejabat Pemkab Meranti langsung dibawa dari Pekanbaru ke gedung KPK di Jakarta untuk diperiksa.

Dari kegiatan tangkap tangan ini, tim KPK telah mengamankan 28 orang pada Kamis 6/4/2023 di beberapa tempat berbeda, yakni di kepulauan Meranti, kabupaten Siak, kota Pekanbaru dan di Jakarta.

Di wilayah Pekanbaru, tim KPK menemukan dan mengamankan uang tunai sebesar 1 milyar rupiah yang merupakan total uang yang diberikan Muhammad adil untuk pengkondisian pemeriksaan keuangan Pemkab kepulauan Meranti.

Dari kegiatan operasi tangkap tangan tersebut, sebagai bukti permulaan KPK menyita sejumlah uang tunai sebesar 1,7 Milyar rupiah.

Bupati Kepulauan Meranti provinsi Riau Muhammad adil dari Pekanbaru tiba di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten, mendapatkan pengawalan ketat dari petugas dan kemudian langsung dibawa ke gedung merah putih Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat terjaring operasi tangkap-tangkap sejumlah ruangan di pemerintahan Kabupaten Meranti langsung digeledah dan disegel. Salah satu ruangan yang disegel oleh KPK adalah ruangan Sekda Pemkab kepulauan Meranti dan ruang humas protokol.

Muhammad adil Bupati Kepulauan Meranti periode 2021 hingga 2025 adalah berasal dari partai PDI perjuangan. Sebelum menjadi Bupati, Muhammad adil pernah menjabat sebagai anggota DPRD provinsi Riau selama 2 periode.

Jauh sebelum ditangkap KPK, nama Bupati Meranti Muhammad adil sempat disorot publik setelah pernyataan kontroversialnya kepada kementrian keuangan yang dinilai tak pantas.

Namanya sempat menjadi sorotan publik setelah mengeluarkan pernyataan yang dinilai menghina pegawai Kementerian Keuangan terkait protes dana bagi hasil eksploitasi minyak Kepulauan Meranti Desember 2022 dan buntut dari pernyataannya ini pun Kemendagri langsung memanggilnya dan Memberikan teguran keras.

Sebelum menjabat sebagai bupati meranti, Muhammad adil sudah malang melintang di dunia politik. Muhammad adil tercatat pernah menjabat sebagai anggota DPRD kepulauan Meranti pada tahun 2009 hingga tahun 2014.

Muhammad adil juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD provinsi Riau selama dua periode mulai 2014 hingga 2018 dari partai Hanura, dan dari tahun 2019 hingga 2020 dari fraksi partai PKB. (Sumber: Kompas TV)

Sementara dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) KPK RI tahun 2021, Muhammad adil diketahui memiliki harta kekayaan total sebesar 4,7 Milyar rupiah yang terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 4.367.000.000 serta kendaraan transportasi senilai Rp 174.000.000 dan kas setara kassenilai Rp 244.177.310

Dalam konferensi pers KPK di Jakarta, Muhammad adil Bupati kepulauan Meranti periode 2021 hingga saat ini, diduga memerintahkan para satuan kerja perangkat daerah untuk melakukan setoran uang yang sumber anggarannya dari pemotongan uang persediaan (UP).(adr)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!