More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Way Kanan
Yogyakarta

Seorang Buruh Tambang Galian C Tewas Tertimbun Material Longsor

Seorang Buruh Tambang Galian C Tewas Tertimbun Material Longsor
INVESTIGASI 86 di Google News

Magelang – Peristiwa na’as menimpa seorang pekerja tambang manual Galian C bernama Sarifudin (27 tahun) asal dusun Salamsari desa Mranggen kecamatan Srumbung kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Rabu (13/12/2023).

Buruh tambang tersebut meninggal dunia akibat tertimbun material di lokasi penambangan manual Galian C di Cawang Kulon alur sungai Kaliputih wilayah desa Ngargomulyo kecamatan Dukun kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah.

Oleh para saksi kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Dukun Polresta Magelang Polda Jawa Tengah, atas laporan masyarakat tersebut pihak Polsek Dukun segera menindaklanjuti dan segera mengirimkan personel meluncur ke lokasi kejadian.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H. melalui Kapolsek Dukun Iptu Aris Mulyono, S.H., M.M menuturkan kronologi kejadian yang menimpa Korban Sarifudin.

Diceritakan pada Rabu (13/12/2023) pukul 07.00 WIB korban berangkat dari rumah bersama saksi yang lain, sesampainya dilokasi saksi dan korban menjalankan aktivitas seperti biasa.

“Sewaktu korban sedang melakukan aktivitas penambangan material Galian C secara manual di lokasi kejadian, tiba-tiba terdengar suara gemuruh tanah longsor pada tebing setinggi 4 meter yang berada di posisi lokasi Korban bekerja.” Tutur Iptu Aris

Setelah mendengar suara tersebut lanjut Kapolsek Dukun “Saksi dan Korban berusaha untuk menghindar dengan cara berlari ke tempat terbuka., akan tetapi Korban terpeleset dan tertimbun material dengan kedalaman kurang lebih 1 (satu) meter.”

“Para Saksi melihat Korban tertimbun material longsoran dan mereka berusaha untuk mengevakuasi dengan menggunakan alat manual.” Lanjut Iptu Aris

Pada pukul 08.30 WIB korban Sarifudin ditemukan sudah meninggal dunia dalam posisi telungkup, diketahui kondisi Korban terdapat luka lecet di wajah dan dibagian tubuh lainnya.

Setelah berhasil dievakuasi kemudian Korban dibawa ke rumah duka dengan menggunakan Ambulance desa Mranggen untuk dilakukan persemayaman dan prosesi pemakaman.

“Atas kejadian tersebut keluarga Korban menerima bahwa kejadian tersebut merupakan musibah murni, selanjutnya hal itu dituangkan dalam Surat Pernyataan dari pihak keluarga Korban.” Ungkap Iptu Aris Mulyono

Berkaca dari peristiwa tersebut Polresta Magelang melalaui Kapolsek Dukun mengimbau masyarakat luas terutama para pekerja tambang manual untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Pastikan bahwa lokasi tempat bekerja aman dan hindari aktivitas ketika hujan deras terjadi di lokasi penambangan atau di daerah atasnya.

“Hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir di lokasi penambangan Galian C, terutama di wilayah Dukun dan sekitarnya.” Pungkas Iptu Aris Mulyono. (Humas Polres Magelang/BR Longga)

 

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!