More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
Papua  

Ricky Ham Pagawak Tersangka Kasus Suap, diduga Kabur ke Papua Nugini

INVESTIGASI 86 di Google News

Jayapura, INVESTIGASI86.COM – Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) yang  menjadi tersangka kasus suap dan gratifikasi diduga melarikan diri ke Papua Nugini.

Atas hal itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menerbitkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadap Bupati Mamberamo tengah tersebut.

Direktur Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Pol. Faizal Rahmadani saat diwawancarai, menyebutkan bahwa tersangka kasus dugaan suap serta gratifikasi Bupati Mamberamo Tengah yakni Ricky Ham Pagawak (RHP) diduga kabur ke Papua Nugini (PNG) melalui Vanimo, Provinsi Sandaun.(15/07/22)

Faisal mengatakan bahwa polisi telah menyebarkan jaringan untuk mengupayakan pencarian sang bupati yang saat ini dalam penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga melakukan perjalanan melewati jalan tikus Skow – Wutung, Kota Jayapura ke PNG.

“Kami Polda Papua hanya membantu penyidikan, dalam hal ini membantu mendampingi penyidik KPK melakukan pencarian Ricky Ham Pagawak yang diantar pada Kamis pagi, melalui Pasar Skow hendak akan melintas ke Papua Nugini Jumat (15/7/2022) malam untuk perjalanan RHP ke perbatasan RI-PNG dengan membawa dua tas ransel” ucap Faisal.

“Belum diketahui apa isi tas ransel tersebut,” kata Faizal seraya menambahkan, pihaknya saat ini masih menyelidiki siapa saja yang terlibat dalam kaburnya RHP.

Untuk memastikan keberadaan RHP apa masih di PNG atau tidak, karena saat ini sedang menyelidiki melalui jaringan yang ada.

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi terkait sejumlah proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, pada Senin, 27 Juni 2022, Tapi, tersangka tersebut tidak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan.

Saat itu, KPK belum mengungkap sosok tersangka yang diagendakan diperiksa tersebut. Hanya saja, tersangka tersebut merupakan salah seorang pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah. Hal itu diketahui setelah KPK menginformasikan alasan ketidakhadiran tersangka tersebut.

Faizal menambahkan langkah tersebut bertujuan agar dugaan tindak pidana korupsi dimaksud dapat segera dibuktikan dan memberi kepastian hukum kepada tersangka. KPK mempersilakan RHP menyampaikan hak hukumnya di hadapan penyidik sehingga penanganan perkara ini dapat segera diselesaikan, tetapi saat itu RHP tidak hadir dengan alasan ada agenda internal di Pemkab Mamberamo tengah” tutup Faizal.*(Markus)*

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
Yulius Maulana Bakal Calon Bupati Lahat 2024