More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Way Kanan
Yogyakarta
Papua  

Polda Papua Ungkap Motif KKB Tembak 2 Polisi Dan 1 Warga Sipil Dipanah

INVESTIGASI 86 di Google News

Papua – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan motif penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Paniai Papua Tengah, aksi ini diduga dipicu adanya pertambangan di daerah tersebut.

“Dulu saya pernah ngomong, dimanapun ada pertambangan, itu pasti yang menjadi sasaran pertama untuk mencari tambahan ya upeti lah, pemerasan yang jadi faktor kekerasan.” Kata Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Kota Jayapura, Sabtu (23/03/2024)

Mathius mengungkapkan tiga orang yang menjadi korban atas aksi KKB itu, Dua korban di antaranya anggota polisi bernama Bripda Defrit Sayuri dan Bripda Arnaldobert Yawan.

“Saya sangat berduka atas gugurnya dua putra terbaik bhayangkara yang bertugas di garis terdepan di daerah pelosok.” Ungkapnya

Dia mengatakan selain menewaskan 2 polisi, KKB juga merampas senjata api (senpi) jenis AK-47 akibat insiden ini Mathius pun telah memerintahkan para jajarannya untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Kalau kali ini kan terjadi karena perampasan senjata makanya perlu evaluasi menyeluruh, saya tidak mau berulang kali anggota kita jadi korban sia-sia.” Katanya

Mathius juga telah memerintahkan para Pejabat Utama (PJU) Polda Papua untuk turun langsung ke Paniai, hal itu dilakukan agar proses evaluasi bisa segera dilaksanakan dan dapat mengetahui gambaran pasti perihal insiden penembakan dan perampasan senjata itu.

“Jadi saya minta itu nanti PJU ke sana untuk bisa memberikan gambaran nyata apa yang di sana, termasuk bagaimana pos polisi itu sehingga pengamanan dan juga kegiatan anggota polisi di sana harus betul-betul bisa kami monitor.” Tegasnya

Selain itu Mathius juga mengaku telah mengirimkan 1 peleton personel Brimob yang akan membantu pengamanan di Paniai, nantinya pasukan tambahan itu yang bakal terjun langsung dalam proses pengamanan.

“Saya minta dari batalyon Timika 1 peleton turun untuk segera bisa ke sana.” Imbuhnya

“Pelaku penyerangan terhadap dua anggota polisi ini diduga kuat dilakukan oleh KKB pimpinan Aibon Kogoya.” Ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya

Benny menjelaskan satu warga sipil bernama Dani juga dilaporkan menjadi korban atas aksi yang dilakukan oleh KKB, Dani meninggal dunia setelah terkena panah pada bagian punggung belakang,” Pungkasnya (Rigol)

 

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!