Gelombang Pasang Di Pantai Selatan Merusak Perahu Nelayan Dan Beberapa Warung Makan Di Kawasan Pantai Selatan

Foto : Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto, mendatangi kawasan Pantai Somandeng dan kawasan Pantai Pulang syawal untuk melakukan pendataan korban

Gunungkidul,-investigasi86.com – Gelombang tinggi terjang beberapa kawasan pantai di wilayah pantai selatan Gunung kidul, Sabtu (16/07/2022) pagi tadi. Akibat ombak pasang tersebut, beberapa perahu dan warung mengalami kerusakan.

Untuk di wilayah II Baron, di pantai Pulang syawal ada 6 warung yang rusak beserta isinya dan di Pantai Baron 6 (enam) kapal rusak. Sementara itu untuk pantai Drini, 2 (dua) kapal rusak dan dua warung hanyut.

Salah satu korban, Mbah Riyem pemilik warung di wilayah pantai Pulang syawal ( Indrayanti ) yang mengalami kerusakan cukup parah sempat pingsan dan sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan pasti dari korban.

Kerugian yang dialami mbah Riyem berupa etalase dan barang dagangan hanyut terbawa arus beserta uang kurang lebih 4 juta rupiah.

Saat ditemui awak media investigasi86.com dilokasi , Marjono koordinator SAR satlinmas wilayah II Gunung kidul menjelaskan sebelumnya untuk yang beraktifitas dan pengunjung di wilayah pantai dua hari sebelumnya sudah di peringatkan bahwa akan ada gelombang tinggi.

Marjono juga mengingatkan untuk barang-barang yang berharga untuk di naikkan. Sementara itu pagi tadi ketinggian ombak mencapai 10 fit atau sekitar 3 meter.

Puncak gelombang tinggi skitar pukul 09.30 wib dan pada siang hari gelombang sudah landai.Untuk ketinggian ombak sendiri mencapai kurang lebih 3 meter. Untuk para pengunjung , kami sudah memperingatkan untuk mewaspadai adanya gelombang tinggi dari arah selatan.Untuk para pedagang disepanjang pantai pun sudah kami peringatkan untuk membawa atau mengamankan barang berharganya,termasuk barang dagangannya ketempat yang aman,” jelasnya

Marjono juga menambahkan bila terjadi sesuatu terutama gelombang tinggi dari selatan segera menjauh cari tempat yang aman dan lokasi yang tinggi.Ia juga berharap semoga keadaan tetap aman dan terkendali.

Harapannya kepada pengunjung di pantai selatan Gunung kidul semoga tidak terjadi apa-apa tetap aman dan nyaman,dan tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, “imbuhnya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Arif Ardian, Saat di hubungi investigasi86.com secara terpisah melalui pesan WhatsAap memberikan keterangan bahwa, himbaun dan peringatan kepada para pengunjung sudah di giatkan dari hari Jum’at (15/07/2022)yang lalu bahwa akan adanya gelombang tinggi dikawasan pantai Selatan.

Hari jumat kemarin merupakan bulan purnama, sehingga potensi gelombang tinggi dimungkinkan akan terjadi sampai dengan hari minggu (17/07/2023) besok. Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan semua pelaku wisata dan wisatawan agar menghindari bermain air di sepanjang pantai dan selalu memperhatikan anjuran dan himbauan petugas di lapangan,“jelas Arif

Foto : Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto, mendatangi kawasan Pantai Somandeng dan kawasan Pantai Pulang syawal untuk melakukan pendataan korban.

Sementara itu personil dari Polsek tepus dibawah kendali Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto, mendatangi kawasan Pantai Somandeng dan kawasan Pantai Pulang syawal untuk melakukan pendataan korban dan sekaligus memberikan himbauan kepada para wisatawan dan pemilik warung untuk tetap waspada dan selalu mengindahkan peringatan dari petugas yang di lapangan.(Ananta)

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com