More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Traveling
Video
Way Kanan
Yogyakarta
Daerah  

Terkait Kerusuhan Babarsari, Aksi Masa Di Mapolda DIY, Orasi Kanjeng Suryo : Polda DIY Terlalu Lemah

INVESTIGASI 86 di Google News

Yogyakarta-investigasi86.com • Aksi Masa di di Mapolda DIY. Aliansi Masyarakat DIY Gabungan Beberapa Ormas Datangi Polda DIY. Sedikitnya 20 ormas DIY mengadakan aksi damai ke Mapolda DIY.

Aksi ini di lakukan karena menilai pihak polisi tidak tegas dalam melakukan penegakan hukum guna memberantas kasus kriminal yang terjadi akhir-akhir ini.

Sejumlah pihak mengatakan rentetan kriminalitas yang terjadi adalah akibat dari ketidaktegasan aparat yang berwenang dalam menangani kasus yang terjadi di Yogyakarta.

Kanjeng Suryo, Ketua Umum Forum Komunikasi Jogja Rembug, menyebut Polda DIY terlalu lemah dalam menanggapi kasus, akibatnya kriminalitas di Yogyakarta terus terjadi secara berulang dan membuat masyarakat setempat menjadi resah tinggal di wilayahnya.

Kasus seperti ini terjadi berulang-ulang, pembiaran (tidak adanya tindakan Polda DIY) inilah yang mengakibatkan kasus-kasus ini ora tau rampung (tidak selesai) dan berulang lagi sehingga membuat kacau,”ujar Kanjeng Suryo dalam membuka orasi aksi di depan Mapolda DIY, yang sebelumnya semua peserta aksi menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya di lanjutkan lagu Padamu Negeri, Kamis(7/7/2022).

Foto : sekitar 20 ormas melakukan aksi masa di depan mapolda DIY

Kanjeng Suryo mengungkapkan, aksi ini dilakukan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai daerah yang tetap istimewa seperti sedia kalanya.

kami rakyat Jogja punya kuasa atas daerahnya, kami berhak menjadikan daerah ini aman,tentram,damai dan kondusif tanpa ada kekhawatiran apapun,”imbuh Kanjeng Suryo.

Koordinator aksi, Fajar menyampaikan aksi tersebut dilakukan karena adanya rasa prihatin masyarakat terhadap aparat berwenang. Dalam hal ini aparat Polda DIY tidak bertindak cepat dalam menangani kasus kriminalitas yang terjadi di Yogyakarta belakangan ini, salah satunya kerusuhan yang terjadi di Babarsari.

Foto : Muhamad suhud ,SH Ketua paksi katon saat berorasi didepan mapolda DIY.

Kita sangat prihatin dengan lemahnya aparat dan tidak segera mengeksekusi tindak kriminal yang terjadi di Babarsari, akan menjadi lain ketika pihak kepolisian langsung bergerak di awal dan langsung mengeksekusi,”ujar Fajar.

Fajar juga memaparkan dampak dari kerusuhan yang terjadi mengakibatkan kerugian berbagai masyarakat dari segi materi akibat kerusakan maupun lainnya. Ditambah jika ada anak – anak yang melihat tentunya akan membuat beban psikis.

DIY menasionalisasi, yang tadinya Yogyakarta Berhati Nyaman sekarang tidak berhati nyaman, yang ada sekarang menjadi Rawan,”ucap Fajar

Dani Eko Wiyono Ketua Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) dalam kesempatan orasinya menyampaikan Polda DIY sudah terlalu lama diam dan melakukan pembiaran sehingga kasus kerusuhan terus terjadi di Yogyakarta.

Kami mengkritisi dan mendesak aparat kepolisian agar tetap tegas dalam menindak kekerasan yang terjadi selama ini. Hari ini kita tidak bicara rasis, kita akan melawan semua bentuk kerusuhan di Yogyakarta yang membuat masyarakat resah”, kata Dani

Direskrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi yang menerima aksi damai menghampiri ormas di depan polda DIY, Dan mempersilahkan masuk ke lapangan Mapolda.

Sebelumnya ade berterima kasih atas orasi yang disampaikan kepada pihaknya. Dia mengaku selalu menerima kritikan masyarakat dari segala bentuk.

Kami akan selalu menerima kritik dan saran serta kami akan selalu berupaya menjadi yang terbaik tanpa mengabaikan masukan dari siapapun dan dari manapun memberikan pernyataan,“ujar Ade.

Ade menegaskan akan meningkatkan kegiatan dan upaya supaya kepolisian dapat menjaga ketertiban guna melindungi masyarakat khususnya di Yogyakarta.

Di akhir, Ade menyakinkan ormas akan terus memproses kasus kriminalitas yang terjadi di Yogyakarta secara tuntas dengan penegakan hukum yang tegas.

Kami akan memproses secara tuntas secara proporsional dan secara profesional terhadap tindak pidana yang sudah terjadi,dan saya harap warga masyarakat jika ada hal yang menyangkut dengan tindak kejahatan apapun segera melapor ke 110 secara online“tutupnya

Setelah menerima keterangan dari pihak yang terkait, segenap ormas yang tergabung dalam aliansi masyarakat DIY membubarkan diri dengan tertib.(Ananta)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!