Website Resmi Kuansing Gagal Akses “situs berbahaya bagi komputer anda”

Kuansing • Di era internet saat ini, setiap pemerintah daerah baik pemerintah kabupaten, kota dan provinsi pasti memiliki sebuah situs/website resmi untuk mempublikasikan profil Pemerintah tersebut.

Website yang berfungsi sebagai sarana informasi, agenda,profil dan galery sebuah pemerintahan, sejatinya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dibidang IT untuk mengontrol dan mengolah setiap konten yang ada didalam website pemerintahan tersebut.

Tak hanya itu, website pemerintahan seharusnya memiliki High Control dari admin/operator website tersebut.

Apabila website tersebut memiliki performa yang maksimal, tentu para pengunjung website pemerintahan tersebut akan merasa puas dan merasa terlayani dengan konten-konten informatif dan edukatif yang disuguhkan oleh website pemerintah tersebut.

Namun berbeda dengan website/situs resmi pemerintah kabupaten kuantan Singingi Provinsi Riau, yakni (kuansing.go.id).

Website resmi pemerintah kabupaten kuantan Singingi (kuansing.go.id) belakangan, telah beberapa hari tidak dapat di akses oleh pengguna, baik lewat URL langsung, maupun lewat pencarian di google.

Situs kuansing.go.id ketika di cari di google menggunakan kata kunci “Kuansing”, maka google merekomendasikan website tersebut di bagian nomor 2 setelah situs Wikipedia yang menempati posisi teratas dengan kata kunci “Kuansing”

Namun pada link website resmi kabupaten Kuansing tersebut (kuansing.go.id), google memberikan peringatan (warning) tepat dibawah link website kepada user (pengguna) yang bertuliskan “situs ini mungkin berbahaya bagi komputer anda“.

Foto : website resmi pemerintah kabupaten kuantan Singingi yang di duga memiliki masalah keamanan, screenshot diambil 21/06/2022.

Peringatan yang diberitahukan oleh google itu memberitahukan kepada pengguna bahwa website tersebut berbahaya dan tidak aman bagi perangkat smartphone atau desktop yang mengakses website tersebut.

Ketika user bersikukuh ingin membuka halaman website kuansing tersebut, maka google akan menampilkan halaman peringatan kepada pengguna, serta memberikan beberapa opsi-opsi kepada pengguna.

Foto : halaman peringan dari google ketika kita mengklik website resmi Kuansing.go.id

Didalam halaman peringatan dari google tersebut, terpampang jelas sebuah kalimat yang berisikan “Peringatanmengunjungi situs ini dapat membahayakan komputer anda“.

Tidak ada ditemukan opsi/pilihan untuk melanjutkan ke halaman website Kuansing, yang ada malahan opsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, halaman diagnosis, tata cara melindungi diri dari software berbahaya serta pusat bantuan google.

Hingga saat ini belum diketahui jelas apa sebab dan akibat mengapa website resmi pemerintah kabupaten kuantan Singingi tidak bisa diakses. Belum ada keterangan resmi dari pihak Pemda Kuansing kenapa website tersebut error.

Kegagalan akses pengguna disaat hendak mengunjungi website resmi Pemda Kuansing ini, tentunya sangat banyak kemungkinan-kemungkinan yang menjadi faktor penyebab error website kuansing tersebut. Bisa saja hal tersebut dikarenakan human error atau ulah Peretas (hacker) yang ingin mengacaukan website resmi pemerintah Kuansing.

Pentingnya tenaga profesional di bidang IT dan di dunia website, musti menjadi prioritas utama bagi Pemda kuansing, khususnya Diskominfo Kuansing yang menjadi instansi terdepan untuk menangani hal-hal seperti ini.

Hal ini agar masyarakat kuansing modern saat ini bisa mendapatkan informasi pembaruan terkait agenda, profil dan galeri kabupaten kuantan Singingi.

Sehingga masyarakat bisa mengetahui agenda-agenda yang ada di kabupaten kuantan Singingi terkait kegiatan sosial maupun budaya, seperti agenda pacu jalur, destinasi wisata, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya yang telah di agendakan oleh pemerintah kabupaten kuantan Singingi lewat situs resminya.(red)

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com