More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Way Kanan
Yogyakarta

Sikap Arogannya Camat Bayongbong Diduga Penyebab Kisruhnya Acara Audensi Di DPRD Garut

INVESTIGASI 86 di Google News

Garut – Pada acara Audensi yang dilakukan salah satu ORMAS di kabupaten Garut ORMAS GEMANTARA di ruangan kantor Dewan Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Garut provinsi Jawa Barat (Jabar) camat Bayongbong menunjukkan sikap Arogannya didepan para tamu audensi hingga terjadinya kisruh dan suasana tidak kondusif . Senin (25/03/2024)

Yang mana insiden tersebut dipicu ketika permohonan audensi terkait sistem pengelolaan dana desa (DD) untuk tujuh desa di kabupaten Garut diterima di DPRD komisi 1.

Ketika audensi dibuka Dewan Komisi 1 H,S Fahmi S.i.P selaku moderator ketika mempersilahkan kepada saudara Irpan selaku wakil ketua ORMAS GEMANTARA untuk membuka acara audensi dilanjutkan oleh Deden selaku ketua ORMAS GEMANTARA.

Namun sangat disayangkan ketika saudara Deden menjelaskan ada salah seorang warga kecamatan Bayongbong yang dihadirkan dalam acara audensi tersebut untuk menjelaskan terkait penyalahgunaan anggaran dana desa yang tidak direalisasikan.

Sebelum dilanjut acara tersebut pembicaraan saudara Deden langsung dipotong oleh camat Bayongbong Frederico yang sesuai vidio yang beredar sikap camat yang arogan secara tidak langsung mengusir warga tersebut dengan dalih warga tersebut salah satu warga desa Mekarsari.

Meskipun permasalahan yang akan dibahas adalah desa Sukasenang padahal sudah jelas baik desa Mekarsari ataupun desa Sukasenang itu sama-sama warga kecamatan Bayongbong.

Sikap camat tersebut menuai kecaman publik menilai perbuatan camat beserta perwakilan kepala desa yang hadir pada acara tersebut dinilai diduga tidak paham aturan juga peraturan.

Lebih disayangkan lagi perwakilan warga tersebut adalah salah satu kaperwil Jabar media investigasi86, tindakan tersebut melanggar beberapa undang-undang seperti undang-undang nomor 31 tahun 1999,dan undang-undang nomor 6 tahun 2014 yang menegaskan hak partisipasi peran serta masyarakat dalam pengelolaan dana desa.

Tetapi juga bertentangan dengan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2018, meskipun suasana kisruh tidak kondusif ormas GEMANTARA tetap teguh menyuarakan kebenaran meskipun hanya membawa personel berjumlah 6 orang kalah banyak dengan personel peserta audensi yang datang hampir setengahnya kepala desa di kabupaten Garut.

Ditambah 6 camat yang hadir pada acara tersebut kejadian ini menjadi sorotan publik dan menimbulkan kecaman atas tindakan arogansi yang menghalangi partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan pengelolaan dana desa.

Jelas patut diduga perbuatan camat Bayongbong tidak paham aturan juga peraturan, akhirnya audensi tersebut ditutup oleh moderator komisi 1 untuk menjaga kondusifitas antara ORMAS juga kepala desa yang hadir pada acara tersebut.

“Meskipun audensi mengalami titik jalan buntu tidak ada pangkal dan ujung ormas GEMANTARA tetap akan menempuh jalur lain dalam menyuarakan kebenaran, selain audensi juga akan menempuh jalur pelaporan.” Kata Deden selaku ketua ORMAS GEMANTARA

“Meskipun audensi tidak sesuai dengan harapan.” Pungkasnya (Sonny)

 

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!