More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Dampak Dari Proyek Modernland, Hampir 4 Tahun Sawah Masyarakat Tidak Bisa Digarap

Foto : sawah warga yang tergenang air dengan kedalaman +- 1,5 meter akibat tersumbatnya gorong gorong akibat perusahaan Modernland.

Serang Banten • Desa Bandung Kampung Cigatel Damping Terkena Dampak dari Proyek MODERNLAND. Khususnya kampung cigatel rt.020/002, desa bandung kecamatan Bandung Kabupaten Serang Banten .

Sebelum berdiri nya pabrik di kawasan industri moderenland, masyarakat kampung Cigatel dan sekitarnya yang notabene nya sebagai petani, memanfaatkan tanahnya untuk bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun setelah berdirinya kawasan industri Modernland, saluran air di kawasan petani sampai tertutup, sehingga air yang dari selatan menuju utara tidak bisa lagi mengalir hingga menyebabkan persawahan masyarakat terendam.

Dikarenakan saluran air atau gorong gorong nya tertutup, sehingga saluran airnya tidak lagi maksimal untuk mengaliri air yang telah merendam sawah masyarakat setempat.

Itu pak gorong-gorongnya udah tertutup tanah akibat industri Modernland itu, menyebabkan airnya tergenang di sawah kami dan sawah kami gak bisa kami garap lagi pak” rintih (AP) salah seorang warga kampung Cigatel kepada media.

Kemudian AP juga menyebutkan kondisi jalan di kampungnya itu ketika musim hujan, yang menyebabkan airnya meluap hingga menyebabkan banjir dan pegguna jalan pun tidak bisa lewat dikarenakan ketinggian airnya mencapai ketinggian 50/60 cm.

Apalagi kalau musim hujan pak, airnya meluap dan menyebabkan banjir, bahkan akses jalan Sampai tertutup pak, karena ketinggian airnya mencapai 50-60 cm, bahkan jika dipaksa untuk melintas menggunakan motor, seringkali motor kami mati dan musti dibawa kebengkel lantaran mesinnya kemasukan air, makanya orang gak berani melintasi jalan ini jika banjir” ujar AP kepada awak media, sabtu 30/07/2022.

Foto : sawah warga yang tergenang air dengan kedalaman +- 1,5 meter akibat tersumbatnya gorong gorong akibat perusahaan Modernland.

Lebih Mirisnya lagi, kejadian ini telah berlangsung selama 3 tahun lebih. Masyarakat setempat yang memiliki sawah, tidak bisa lagi menggarap tanah mereka untuk bercocok tanam lantaran telah terendam air yang kedalamannya mencapai 1,5 meter yang kini telah ditumbuhi eceng gondok.

Foto : sawah warga yang telah ditumbuhi eceng gondok, dulunya sebagai tempat bertanam padi, kini telah tergenang air hingga kedalaman 1,5 meter.

Dulu sekitar 3 tahun lalu sebelum adanya perusahaan Modernland ini pak, kami sebagai petani memanfaatkan sawah kami ini dengan bertanam padi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga kami, namun sekarang kami gak bisa lagi menggarap lahan kami pak” keluh AP dan warga kampung Cigatel lainnya.

Dalam hal ini, sejumlah warga setempat juga meminta agar pemerintah kabupaten Serang bisa memberikan solusi kepada masyarakat yang terdampak dari proyek Modernland tersebut, dan bisa menegur pihak perusahaan yang telah menghambat mata pencaharian warga desa sebagai petani.

Seharusnya pemerintah kabupaten Serang bisa memberikan solusi kepada kami dan menegur pihak perusahaan Modernland, karena ini menyangkut dengan keberlangsungan hidup kami sebagai warga yang terkena dampak” pinta beberapa warga kampung Cigatel.(Mnd)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
INVESTIGASI 86 di Google News