More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Diduga Teledor Matikan Api Tungku Rumah Warga Windusari Habis Terbakar

Magelang – Rumah milik Mandur (65) warga dusun Tepus I RT 15 RW 04 desa Wonoroto kecamatan Windusari kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah (Jateng) terbakar habis sekitar pukul 09.30 WIB pada Jumat (24/11/2023), peristiwa kebakaran itu diduga berasal dari api tungku yang belum sempurna dimatikan pemiliknya.

Kapolsek Windusari Polresta Magelang Iptu Endro Suryanto menuturkan kronologi kebakaran tersebut diterangkan sekira pukul 09.30 WIB, Saksi 1 (satu) Mangunah (23 tahun) yang kebetulan tetangga Korban melintas di depan rumah Korban melihat ada kepulan asap kemudian diperhatikannya dengan cermat ternyata ada kebakaran di dalam rumah Korban.

“Seketika Saksi 1 (satu) berteriak minta tolong sontak tetangga berdatangan ke TKP untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya, selanjutnya perangkat desa setempat melaporkan dan menghubungi dinas terkait atas kejadian tersebut.” Kata Iptu Endro

Tidak lama datang personel dan satu unit mobil Damkar dari Dinas Kebakaran Distrik Bandongan datang dan melakukan tindakan pemadaman.

Tindakan pemadaman kebakaran dibantu oleh anggota TNI, Polri, Satpol PP, para Relawan dan warga setempat.

“Akhirnya pada pukul 11.00 WIB kebakaran dapat diatasi, api padam dan dipastikan hanya asap dari sisa-sisa material yang terbakar.” terangnya

Terkait penyebab kebakaran kapolsek Windusari mengatakan diduga pemicunya adalah api tungku yang digunakan untuk memasak di dapur.

Kemudian pemilik pergi ke lading diduga api belum padam sempurna di tungku kemudian diduga menjalar ke kayu bakar yang berada di dekat tungu tersebut.

Api ini diduga semakin membesar dan merembet ke dinding dan atap rumah yang terbuat dari kayu dan bambu, semakin membesar hingga membakar habis rumah beserta isinya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materiil sekitar Rp 150.000.000 dan uang tunai sejumlah Rp 12.000.000.

“Untuk sementara korban Bapak Mandur dan istrinya Siti Rahayu (55) mengungsi ke rumah milik saudaranya bapak Mansur.” Jelas Iptu Endro

Guna membantu meringankan Korban beberapa bantuan datang dari warga sekitar termasuk dari PMI yang membantu 20 kg beras, terpa ukuran 2 meter x 2 meter dan selusin alat makan dan minum serta peralatan mandi.

Atas kejadian kebakaran tersebut kapolsek Windusari mengimbau masyarakat terutama ketika hendak aktivitas ke ladang atau bepergian agar memastikan api di tungku benar-benar padam sempurna, kompor gas pun juga harus dipastikan sudah duimatikan.

“Juga memeriksa peralatan listrik, steker, mungkin kipas angin dan lainnya pastikan benar-benar sudah off.” Imbau Iptu Endro Suryanto (Humas Polresta Magelang/BR Longga)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
INVESTIGASI 86 di Google News