More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
Daerah  

Aparatur Bagian Keuangan Desa Pulau Binjai Tidak Bisa Komputer

Tidak bisa pakai komputer
INVESTIGASI 86 di Google News

Lubuk Jambi – investigasi86.com • Miris dan Lucu sekali, perangkat desa pulau binjai, kecamatan Kuantan Mudik ada yang hanya Tamat SMP.

Beberapa hari yang lalu ada pengakuan salah seorang warga desa pulau binjai bahwa ada salah seorang perangkat desa di kantor desa pulau binjai tersebut yang hanya menempuh jenjang pendidikan (SMA tidak tamat).

Ada hal yang lucu dan menarik atas pernyataan perangkat desa yang memiliki posisi di bagian keuangan di kantor desa tersebut.

Pernyataan yang lucu itu dinyatakan dan diungkapkan oleh perangkat desa itu kepada (sebut saja Mawar) warga desa yang tidak mau disebutkan namanya.

Mawar salah seorang warga desa pulau binjai pernah meminta di buatkan Surat Keterangan Usaha (SKU) kepada salah seorang perangkat desa yang dinas di kantor desa pulau binjai,Namun perangkat desa tersebut menyarankan agar menunggu si putri atau bang izul dengan alasan dia tidak mengerti cara membuka laptop.

“Nanti aja nunggu si putri atau bang izul,saya tidak mengerti cara membuka laptopnya” tutur perangkat desa tersebut kepada mawar.

“Apa mungkin aparatur desa tersebut lagi malas melayani warga atau memang dia tidak bisa mengoperasikan komputer”. Apapun alasannya tentu tidak reliabel jawabannya.

Sebuah hal yang amat tabuh jika seorang bendahara/bagian keuangan di kantor desa tidak paham dan tidak mengerti cara membuka dan mengoperasikan sebuah komputer. Yang mana diera digital saat ini data-data keuangan dan program-progam yang ada di desa itu tentunya sudah di input kedalam perangkat komputer dan di olah melalui komputer/laptop.

Bagaimana jadinya jika seorang bendahara tidak bisa menguasai data-data terkait keuangan, dana-dana dari pemerintah daerah maupun pusat, kas desa,pendapatan desa, dan pengeluaran desa.

Posisi sebagai pengatur keuangan desa sangatlah berpengaruh tentunya bagi manajemen desa tersebut. Tugas Mengolah dan mengontrol data keuangan adalah posisi yang tidak bisa diremehkan dalam sebuah desa.

Dalam hal ini semestinya kepala Desa Pulau Binjai (Romi Erdius) bisa lebih selektif dalam merekrut perangkat desa untuk di tempatkan dikantor desa tersebut, terutama untuk posisi strategis.

Dengan merekrut perangkat yang berkompeten dibidangnya tentu akan memaksimalnya kinerja aparatur desa dalam melayani masyarakat nya, baik di segi mengolah data, mengolah keuangan desa.

Semoga kedepannya kepala Desa termuda di kuansing tersebut bisa mengubah struktur perangkat desanya kearah yang lebih baik, tentunya dengan cara mengedepankan selektifitas ketika hendak merekrut aparatur desa dan sesuai dibidangnya.(red)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
Yulius Maulana Bakal Calon Bupati Lahat 2024