More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
INVESTIGASI 86 di Google News

KPU Kuansing Diskriminasi Pers? Netralitas KPU Kuansing Patut Dipertanyakan

Foto: Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

KUANTAN SINGINGI • Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi (Kuansing) akan mengadakan agenda jumpa pers yang akan dijadwalkan pada hari Senin 18/12/2023. Namun KPU Kuansing tanpa alasan yang jelas, sengaja membatasi pihak pers yang diundang pada agenda jumpa pers.

Mengutip kuansingkita.com, dituliskan bahwa Sikap tak terpuji KPU Kuansing, seperti melakukan diskriminasi mulai diperlihatkan terhadap rekan pers. Sikap diskriminasi KPU Kuansing ini patut diduga ingin menyembunyikan informasi dari wartawan kritis dan profesional. Padahal informasi yang akan disampaikan KPU Kuansing itu merupakan informasi publik terkait pemilu.

Dalam surat undangan nomor 207/PP.06.1-Und/1409/2/2023 yang ditandatangani Ahdanan Saleh ada sejumlah wartawan profesional dan produktif yang tampaknya sengaja tidak diundang, seperti Hendrianto dan Robi Susanto yang selalu kritis dan bersikap independent dalam mengemas informasi publik.

Namun KPU Kuansing terkesan sengaja tidak mengundang mereka. Sikap KPU Kuansing ini juga pantas dipertanyakan partai politik peserta pemilu. Sepertinya KPU Kuansing hanya ingin menyampaikan informasi secara terbatas tanpa kritikan pers

Tentu saja, apa yang dilakukan KPU Kuansing ini tidak sesuai lagi dengan agenda pemilu damai yang telah dideklarasikan Bawaslu Kuansing beberapa waktu lalu. KPU Kuansing lebih terkesan ingin menyembunyikan informasi dari wartawan kritis dan independen.

Dari perilaku KPU Kuansing ini, sepertinya memang layak Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby mendesak agar dilakukan audit pertanggungjawaban keuangan khusus dana hibah terhadap KPU Kuansing. Pasalnya ada kesan KPU Kuansing ini selalu menyepelekan segala hal.

Plh Ketua KPU Kuansing Ahdanan Saleh ketika dihubungi Kuansingkita untuk mengetahui alasan KPU Kuansing melakukan diskriminasi pers terhadap informasi pemilu, tidak mendapatkan jawaban. Ahdanan hanya mengarahkan kepada Komisioner yang bernama Wigati.

Divisi ini buk Wighati, coba hubungi beliau,” kata Plh Ketua KPU Kuansing Ahdanan Saleh singkat.

Sementara itu, buk Wigati saat menjawab KuansingKita sepertinya kurang memahami makna informasi publik yang menjadi hak masyarakat terutama informasi terkait pemilu. Ada kesan KPU Kuansing tidak ingin informasi yang disampaikan mendapatkan kritikan pers.

Wigati mengatakan ini merupakan keputusan rapat. Wartawan yang diundang berdasarkan daftar hadir pada acara sosialisasi Agustus lalu. Inilah yang disesalkan. Pasalnya undangan yang disampaikan KPU secara terbatas ini seakan membatasi akses wartawan ke sumber informasi pemilu.

Namun demikian, Wigati masih berjanji akan menyampaikan hal ini dalam rapat untuk agenda berikutnya. “ Ke depan akan kami sampaikan dalam rapat untuk agenda berikutnya,” kata komisioner yang punya pengalaman sangat matang di KPU ini.

Editor: adr

Sumber : Kuansingkita.com

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!