More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Kebumen Kembali Raih Penghargaan Kebumen Layak Anak 2022

INVESTIGASI 86 di Google News

KEBUMEN – Prestasi membanggakan, Pemerintah Kabupaten Kebumen tahun ini kembali memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Pemberian penghargaan KLA berlangsung secara daring dari KPPPA yang turut diikuti Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, sejumlah kepala daerah, termasuk Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama jajaran Forkompinda yang mengikuti secara daring di ruang Arungbinang, Kompleks Pendopo Kabumian, Jumat (22/7).

Ini adalah kali kedua Kebumen meraih penghargaan KLA di masa kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto dengan peringkat Madya secara berturut-turut. Dimana di Jawa Tengah ada 10 kabupaten yang mendapat penghargaan ini untuk tingkat Madya

Sedangkan dalam penghargaan ini, KPPPA memberikan lima peringkat, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan paling tinggi KLA.

Alhamdulillah tahun ini kita masih mendapat penghargaan sebagai kabupaten layak anak tingkat Madya. Meski belum menjadi yang terbaik, tapi dengan kondisi seperti saat ini kita patut syukuri, tidak turun ke tingkat Pratama karena banyak kabupaten yang justru turun menjadi Pratama,” ujar Bupati.

Bahkan sehari sebelumnya kata Bupati, pemerintah Kabupaten Kebumen juga baru saja mendapat penghargaan Anugerah KPAI 2022 sebagai Kabupaten Ramah Anak karena punya komitmen terhadap perlindungan anak melalui Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA).

Kita kemarin juga alhamdulillah mendapat penghargaan dari KPAI sebagai kabupaten Ramah Anak dalam penyelenggaraan perlindungan anak melalui SIMEP PA di Jakarta. Ini merupakan prestasi yang membanggakan dan patut kita syukuri karena Kebumen sangat konsisten dalam pemenuhan kebutuhan hak dasar anak,” ucapnya.

Hal itu kata Bupati, bisa diliat dari sejumlah hal, di antaranya penanganan stunting, Kebumen menjadi kabupaten ranking pertama penurunan stunting tercepat di Jateng. Pemenuhan hak anak juga didukung kebijakan pemerintah dengan adanya Perda Penyelenggaraan Perlindungan Anak yaitu Perda nomor 3 Tahun 2013.

Termasuk pemenuhan hak dasar pendidikan bagi anak dengan membuat kebijakan sekolah gratis dari SD sampai SMA sederajat. Lalu, kesehatan dengan menggencarkan program imunisasi, pemenuhan gizi  anak, dan program sanitasi dengan penciptakan pola hidup bersih di masyarakat.

Kemudian dari sisi penegakan hukum, pemerintah Kabupaten Kebumen dalam hal ini Polres Kebumen juga punya komitmen tinggi dalam memberikan perlindungan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan, serta sigap untuk melakukan penanganan hukum berkaitan dengan hal-hal yang merugikan anak.

Jadi kita bisa bertahan di posisi ini sudah alhamdulillah, karena ada lima kabupaten di Jateng yang justru turun peringkat menjadi pratama, dan itu tetangga kita sendiri. Kita optimis tahun depan bisa naik menjadi Nindya,” tandasnya.

Dengan prestasi ini, tak lupa Bupati menyampaikan terima kasih segenap jajaran Forkompimda, yakni Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, Dinsos PPPA, Ketua TP PKK Kebumen, dan semua pihak yang ikut bekerja keras untuk bisa mempertahankan prestasi ini, sehingga Kebumen tahun ini kembali meraih KLA Madya dan Anugerah KPAI 2022, dimana 2021 Pemerintah Kabupaten Kebumen juga pernah mendapatkan hal yang sama.

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!