Jaringan 3G Telkomsel Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya

Untuk pengguna Telkomsel yang smartphone dan kartu sim nya masih menggunakan jaringan 3G dan belum 4G, berita ini merupakan sebuah malapetaka baginya.

Dikarenakan pihak operator Telkomsel secara bertahap telah melakukan upgrade layanan 3G ke 4G/LTE pada 504 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia, penghapusan jaringan 3G tersebut ternyata telah di mulai Maret 2022 lalu.

Untuk Proses upgrade jaringan ini akan membuat sejumlah kota dan kabupaten tidak lagi mendapat jaringan 3G Telkomsel, dan tentu menjadi malapetaka bagi pengguna handphone jadul yang jaringan hp nya masih menggunakan jaringan 3G.

Diketahui bahwa Perusahaan Telkomsel tersebut akan melakukan proses peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2022 ini.

Proses upgrade jaringan yang dilakukan oleh pihak Telkomsel akan dilakukan secara berkala, dan telah dimulai tahap pertamanya pada bulan sampai Mei 2022 pada 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan di seluruh Indonesia.

Dan pada Tahap berikutnya Telkomsel akan melanjutkan proses upgrade jaringannya di 132 kota dan kabupaten pada bulan Juni dan bulan Juli 2022 ini.

Kemudian dilanjutkan dengan upgrade di 178 kota dan kabupaten pada Agustus dan Oktober 2022, dan 104 kota/kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

Bulan Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022 sebelum kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua,” ujar Nugroho Direktur Network Telkomsel dalam sebuah keterangan resmi.

Dengan adanya proses upgrade jaringan ini, Telkomsel juga mengajak kepada seluruh pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G agar segera melakukan migrasi atau beralih ke layanan 4G/LTE di GraPARI terdekat di kotanya.

Untuk melakukan Pengecekan kartu SIM kita apakah sudah 4G atau belum, dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan cara melalui USSD dengan mengetik dial/panggil di *888*47# kemudian silahkan pilih opsi cek kartu.

Setelah upgrade layanan 3G ke 4G ini selesai dilakukan oleh pihak operator, otomatis pelanggan di kota dan kabupaten yang telah mendapatkan upgrade jaringan 4G tidak lagi akan bisa menggunakan jaringan 3G pada smartphone nya.

Meski demikian pelanggan Telkomsel tetap bisa menggunakan layanan telepon seperti seperti biasa, karena jaringan 2G untuk layanan telepon  dan SMS masih tetap tersedia.

Berikut Daftar lengkap kota dan kabupaten yang tidak lagi bisa mendapatkan layanan jaringan 3G.

Bisa dilihat pada laman resmi Telkomsel, silahkan klik Link Ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik ikon lonceng di kanan layar bagian bawah untuk selalu mendapatkan notifikasi terbaru terkait informasi dan berita update lainnya dari portal investigasi86.com

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com