More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
INVESTIGASI 86 di Google News

Fenomena Mesin Air PAM Teluk Kuantan Rusak Di Hari Sabtu & Minggu Rekayasa? Motifnya Apa?

Ilustrasi mesin air PAM Teluk Kuantan yang selalu rusak dihari Sabtu dan Minggu.

Kuantan Singingi • Air bersih yang dikelola Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (KUANSING), dalam hal ini Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) yang berlokasi di Teluk Kuantan sering kali mengalami masalah dalam pendistribusian ke sejumlah titik para pelanggan Air PAM yang ada di Kota Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Beberapa bulan terakhir, sebagian warga Kota Teluk Kuantan yang menjadi pelanggan PDAM Teluk Kuantan, kerap kali mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal dari UPT PDAM Teluk Kuantan terkait kebutuhan Pasokan air bersih.

Kerusakan mesin pompa yang terjadi di UPT PDAM Teluk Kuantan, bisa terbilang sebagai suatu peristiwa yang telah menjadi rutinitas mingguan. Sehingga hal tersebut selalu menjadi “Momok” atau problem bagi sebagian warga Desa Beringin Taluk yang kerap kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Sebagian warga terpaksa merogoh koceknya lebih, untuk bisa mendapatkan pasokan air bersih dalam memenuhi kebutuhan warga sehari-hari.

Dalam beberapa bulan terakhir fenomena mesin Air PAM rusak, terjadi secara berturut turut dan berkelanjutan hingga saat ini. Disebutkan warga, bahwa pada hari Sabtu dan Minggu merupakan hari yang selalu dihindari, dan bahkan sudah menjadi buah bibir oleh sebagian warga beringin Teluk Kuantan.

MS salah seorang warga beringin Taluk yang merasa tidak terpenuhi kebutuhan air bersihnya, dia menuturkan bahwa pada hari Sabtu dan Minggu dirinya beserta sejumlah warga yang lain, selalu membeli air galon untuk kebutuhan air bersih.

Heran awak nengok air PAM ko ge, tiap hari Sabtu & Minggu selalu saja rusak mesin PAM, ya terpaksa kami beli air galon untuk kebutuhan mandi, cuci mencuci dan yang lainnya” ucap MS kepada investigasi86, Minggu 25/06/2023

Salah seorang warga beringin Taluk yang tidak mau disebutkan namanya yang juga pelanggan PDAM Teluk Kuantan, juga menyebutkan bahwa saat dirinya bertanya kepada pihak PDAM, pihak PDAM selalu menjelaskan bahwa mesin rusak.

Ketika air PAM tidak mengalir pada hari Sabtu dan Minggu, saat saya tanya ke Pihak PAM, mereka selalu memberikan penjelasan bahwa mesin Pompa Air sedang mengalami kerusakan, namun yang bikin heran kami bilamana hari Senin telah tiba, mesin PAM kembali normal sediakala” ucap salah seorang warga yang mencoba mencari tau sebab air PAM tak hidup.

Mencari tau terkait Fenomena mesin Air PAM yang selalu rusak pada hari hari yang biasanya digunakan untuk Holiday bagi sebagian karyawan BUMN dan ASN, investigasi86 mencoba menggali informasi terkait apa sebenarnya yang terjadi di UPT PDAM Teluk Kuantan.

Salah seorang pria yang juga tidak mau disebutkan namanya, yang juga ada di internal PDAM Teluk Kuantan, bahkan mengaku terlibat didalamnya, menyebutkan bahwa sebenarnya mesin pompa air PAM itu tidaklah rusak.

Pria yang tidak mau diketahui identitasnya itu, menyebutkan bahwa pada hari Sabtu dan Minggu itu, tidak ada seorangpun ASN ataupun karyawan yang masuk kantor untuk bertugas.

Sebenarnya, bukan rusak mesin PAM itu bang, cuma mereka malas aja menghidupkan mesin PAM itu bang, karena hari Sabtu dan Minggu pegawai kan libur bang” ucap narasumber kepada investigasi86, Minggu 25/06/2023.

RU yang juga warga beringin Taluk, lewat media ini dirinya memohon kepada pemerintah daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), khususnya pihak UPT PDAM Teluk Kuantan, agar lebih serius dalam mengelola System’ yang ada di UPT PDAM Teluk Kuantan.

Apalagi ini terkait kebutuhan dan pasokan air bersih sebagian warga Kota Teluk Kuantan yang membutuhkan dan mengandalkan Air PAM sebagai penyedia air bersih yang efisien.

Kami berharap agar pemerintah bisa lebih serius dalam membuat system’ di UPT PDAM Teluk Kuantan, jika pihak PDAM kekurangan operator atau petugas dalam mengoperasikan mesin pompa air itu, seharusnya pemerintah bisa melakukan perekrutan atau penambahan karyawan, agar pelayanan yang dihasilkan bisa maksimal, dikarenakan hal ini berkaitan dengan kebutuhan utama masyarakat” pinta RU warga beringin Taluk, yang katanya dulu sering mandi di sungai Nanun dikala air sungai Nanun itu belum tercemar dan masih sejernih Aqua.

Bapak Hendra, salah seorang pegawai yang bertugas di UPT PDAM Teluk Kuantan, saat dikonfirmasi via telepon, beliau memberikan penjelasan dan jawaban klasik kepada awak media investigasi86.

Iya mesin pompa besarnya rusak, lagi diperbaiki, saat ini hanya pakai pompa kecil, sehingga kekuatan pompa dalam pendistribusian air ke beringin Taluk, kadang kuat dan kadang kadang gak kuat” ucap bapak hendra dengan alasan klasiknya.(adr)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!