More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
Daerah  

Negara Ini Jual Bensin Dibawah Rp 1.000, Ada Yang Hanya Rp 330/Liter

Ilustrasi BBM Bensin di luar negri (foto: pixabay)
INVESTIGASI 86 di Google News

Investigasi86 • Harga minyak mentah yang tembus US$ 100/barel tahun ini berakibat pada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di berbagai negara. Namun menariknya, ada beberapa negara yang harga jual BBM-nya sangat murah.

Mengacu pada catatan GlobalPetrolPrices.com, setidaknya ada tiga negara yang menjual bensin dengan harga di bawah Rp 1.000/liter. Ketiga negara tersebut adalah Venezuela, Libya dan Iran.

Hingga 29 Agustus 2022, harga bensin di Venezuela dipatok di US$ 0,022/liter. Dengan asumsi kurs rupiah Rp 15.000/US$, artinya harga 1 liter bensin di Venezuela setara dengan Rp 330/liter.

Jangan kaget! Memang demikian adanya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa harga bensin atau BBM di Venezuela sangat murah.

Pertama, Venezuela merupakan negara dengan produksi minyak terbesar ke-12 di dunia mengacu pada data worldometers.com. Rata-rata produksi minyak Venezuela tercatat mencapai 2,36 juta barel per hari (bph). Satu peringkat di bawah Mexico dengan produksi mencapai 2,48 juta bph.

Alasan kedua, konsumsi minyak di Venezuela cenderung minim jika dibandingkan dengan produksinya. Berbagai sumber menyebut, konsumsi minyak di Venezuela per harinya mencapai 289 ribu barel. Artinya tingkat konsumsinya hanya 12% dari produksi.

Alasan ketiga yang tak kalah penting adalah pemerintah Venezuela yang memberikan subsidi untuk harga minyaknya agar bisa dinikmati oleh masyarakat.

Ilustrasi BBM Bensin di luar negri (foto: pixabay)

Venezuela dinobatkan sebagai negara dengan harga BBM termurah sampai saat ini. Selain Venezuela ada juga Libya dan Iran yang menjual BBM dengan harga sangat murah.

Di Libya harga BBM hanya US$ 0,03/liter atau setara dengan Rp 450/liter. Alasan yang sama dengan Venezuela juga berlaku untuk Libya.

Libya merupakan negara yang kaya akan minyak. Menurut statistik Energy Information Administration (EIA) AS, cadangan minyak Libya mencapai 3% cadangan minyak global dan 39% dari cadangan minyak Benua Afrika.

Dengan produksi minyak hampir 500 ribu bph, tingkat konsumsinya hanya sekitar 200 ribu bph. Artinya neraca minyak Libya masih surplus. Kemudian dari sisi anggaran pemerintahnya, Libya juga menggelontorkan anggaran untuk subsidi BBM dan listrik dengan porsi yang terbesar.

Terakhir ada negara Iran dengan harga minyaknya yang hanya US$ 0,053/liter atau setara dengan Rp 795/liter. Dari namanya saja tentu kita tidak perlu heran. Meskipun Iran rawan konflik tetapi sebagai negara di Timur Tengah, Iran merupakan salah satu negara yang kaya akan minyak.

Produksi minyak Iran saja mencapai 4,38 juta bph menurut data worldometers.com dan menduduki peringkat ke-7 di dunia dan satu peringkat di bawah Iraq.

Iran juga termasuk negara yang mencatatkan surplus neraca minyaknya karena konsumsi berada di kisaran 1,7-1,8 juta bph. Di sisi lain Iran juga jor-joran memberikan subsidi agar harga BBM-nya tetap murah.

So, kalau mau harga BBM sangat murah setidaknya ada tiga kondisi yang patut dipenuhi. Pertama negara tersebut kaya akan minyak (cadangannya berlimpah), kedua neraca minyak surplus dan ketiga pemerintahnya memberikan subsidi yang besar.

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!