More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Way Kanan
Yogyakarta
Tak Berkategori  

Karakter Anda Berasal Dari Perilaku Anda & Perilaku Anda Berasal Dari Pikiran Anda

INVESTIGASI 86 di Google News

INVESTIGASI86 • Tahukah Anda, bahwa pikiran manusia itu memiliki kekuatan? Karena saking kuatnya efek dari pikiran anda, maka karakter anda akan terbentuk olehnya.

Apalagi antara pikiran, perkataan, dan perbuatan memiliki hubungan yang erat dalam pembentukan karakter seseorang.

Maka dari itu, mari memahami tentang pikiran dan juga korelasinya agar Anda bisa lebih berhati-hati dengan pikiran Anda.

Pengertian Pikiran

Baik buruknya kata-kata yang Anda ucapkan dan pikirkan memiliki kekuatan luar biasa yang bisa mempengaruhi dan menciptakan tindakan Anda. Dengan kata lain, pikiran adalah katalisator yang mempengaruhi perkataan dan berdampak pada tindakan Anda.

Jika anda sering berpikir gagal, maka anda akan sering menyebut bahwa Anda akan gagal. Kemudian Anda akan bertindak seperti orang gagal, yang mana tindakan ini justru memperkuat keyakinan Anda bahwa Anda adalah orang yang gagal dan pasti akan gagal, begitu juga sebaliknya.

Anda mungkin pernah mendengar istilah, “Alam semesta akan mendengar apa yang Anda katakan dan akan bekerja sama dengan Anda untuk mengabulkannya.”

Untuk itu, cobalah mengontrol pikiran Anda. Mulailah dari selalu berpikir positif tentang diri Anda agar Anda bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Hubungan Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Jika pola pikir dan perilaku seseorang mempunyai kaitan yang sangat erat, tentunya pola pikir anda bisa menjadi penentu kesuksesan Anda dan karakter diri anda.

Latha Girish, psikolog klinis di Westminster Healthcare di Chennai, mengatakan pikiran Anda membentuk sistem kepercayaan. Keyakinan ini terbentuk dari pengalaman serta kenangan seumur hidup. Anggapan bahwa sesuatu bisa dipercaya inilah yang kemudian berpengaruh pada tindakan Anda.

Alam bawah sadar Anda memainkan peranan penting dalam membentuk perilaku dan sikap Anda, karena terdapat perasaan tertentu dalam ingatan tersebut yang tersembunyi.

Sederhananya, pikiran, perkataan, dan perbuatan Anda, saling terhubung satu sama lain. “Pikiran jadi perkataan, kemudian Pikiran dan perkataan akan menjadi tindakan“. Begitulah hukumnya.

Tanpa Anda sadari, pada saat anda memiliki banyak pemikiran yang negatif, maka hal tersebut dapat mengganggu mental Anda dan menyebabkan kecemasan, bahkan depresi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengidentifikasi pola pikir anda.

Kekuatan pikiran juga dapat dibuktikan melalui sains. Ahli saraf menemukan bahwa Korteks Prefrontal (area otak yang memiliki peran penting untuk pemikiran yang lebih tinggi, misalnya menciptakan mimpi besar atau menciptakan perilaku yang didorong oleh keadaan internal atau elemen sosial dan lingkungan) terhubung ke bagian yang mengontrol aktivitas motorik Anda.

Namun anda tidak perlu khawatir yang berlebihan. Tentunya Pola pikir anda itu dapat anda latih dengan sendiri. Misalnya, saat Anda ditawari pekerjaan tambahan yang benar-benar baru dan lebih menantang. Cobalah anda yakin dan berpikir bahwa Anda itu bisa menjalankannya. Nanti yang terjadi, Anda akan mampu menyelesaikannya dengan baik. Dan Janganlah memikirkan hal yang sebaliknya.

Cara untuk Memahami Koneksi Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Para ahli mengatakan bahwa setiap manusia akan mengalami sekurang-kurangnya 20 situasi yang tak terduga di setiap harinya. Untuk menghadapi situasi yang tak terduga itu, anda memerlukan modal berupa kemampuan merespons yang berkualitas dalam situasi apa pun.

Berikut ini ada 3 cara yang dapat Anda lakukan terkait hubungan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan;

Kenali dan Ubah Pola Pikir yang Tidak Sehat

Pola pikir negatif akan menyebabkan perilaku yang tidak efektif. Anda mungkin sering mendengar tentang manajemen stres yang berkaitan dengan bagaimana cara Anda mengatasi situasi tertekan. Namun, sebenarnya, permasalahan stres ini bisa diatasi dengan cara sederhana, karena sumbernya itu berasal dari pola pikir anda sendiri.

Pada saat anda stress, anda cenderung tidak mengerti dengan akar permasalahan yang menjadi penyebab stres, sehingga memicu anda mengulang pola yang sama berkali-kali.

Dr. Teal McAteer, PhD, Associate Professor, Fakultas Sumber Daya Manusia dan manajemen di DeGroote, membuat rumus untuk menyelesaikan konflik yang disebabkan oleh pola pikir Anda.

Kenali bagaimana pola pikir, yaitu S + T = R, atau Situation (situasi) + thinking (pikiran) = Response (tindakan).

Ini artinya, otak anda memproses situasi tertentu yang terjadi pada anda, kemudian didukung oleh pikiran anda, maka akan terjadilah sebuah tindakan.

Kenali Bagaimana Pikiran Anda Menyebabkan Stres

Tubuh anda akan merespons berbagai situasi yang tak terduga pada setiap harinya, mulai dari yang berhubungan dengan tuntutan atasan, masalah rumah tangga, lingkungan sekitar, hingga keinginan atau ekspektasi tinggi Anda terhadap sesuatu atau perfeksionis.

Para ahli mengatakan, hampir 95% dari situasi ini akan direspons oleh Anda dan mempengaruhi sudut pandang Anda terhadap kekuatan yang Anda miliki.

Jika anda mengira tuntutan ini lebih besar dari potensi yang Anda miliki, maka anda akan merasa stres

Sebaliknya, jika anda merasa mampu untuk menghadapinya, tentunya anda akan baik-baik saja. Perlu diingat bahwa untuk mengubah persepsi bahwa “kejutan-kejutan” yang Anda dapatkan masih bisa diatasi dengan potensi diri yang Anda miliki.

Jadilah Pribadi yang Tangguh dan Gunakan Pola Pikir yang Tepat untuk Mengambil sebuah Keputusan

Ketika anda mengubah pola pikir anda, sehingga anda memiliki pola pikir yang Agile, maka secara otomatis anda akan bisa mengubah tindakan anda dan juga karakter diri anda. Hal ini akan berujung pada perubahan situasi.

Misalnya, anda merasa tidak cocok dengan atasan anda, Lantas anda ingin keluar dari pekerjaan anda itu. Maka Hal ini hanya akan mengubah situasi anda, tanpa memperbaiki akar masalahnya sama sekali.

Seharusnya, anda terlebih dahulu melihat permasalahan dengan perspektif yang berbeda. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah tindakan dan sedikit demi sedikit bisa memperbaiki situasi yang ada.

(QuBisa)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!