More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Entaskan Banjir, Walikota Dumai Tinjau Langsung Proses Naturalisasi Sungai Mesjid

Foto: Alat berat jenis excavator saat beroperasi melakukan naturalisasi Sungai Masjid, di Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat dan Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Selasa (11/7/2023).

DUMAI • Untuk mengentaskan persoalan banjir yang hingga kini masih menjadi momok bagi warga Dumai, Wali Kota Dumai, H Paisal meninjau pelaksanaan naturalisasi Sungai Masjid, di Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat dan Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Selasa (11/7/2023).

Tinjauan ke lapangan ini dilakukannya bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Dumai, Yuda Pratama Putra, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Dumai, Wan Rieko Candra beserta staff.

Alhamdulillah, pagi ini kami melakukan tinjauan ke lapangan dan melihat langsung proses naturalisasi Sungai Masjid yang selama puluhan tahun ini dikeluhkan masyarakat dan tidak pernah tersentuh,” ucap H Paisal disela-sela tinjauannya.

Menurut orang nomor satu Dumai, upaya naturalisasi Sungai Masjid ini menjadi salah satu cara agar permasalahan banjir di Kota Dumai dapat diselesaikan secara bertahap.

Dengan ikhtiar kita bersama, Insya Allah Sungai Masjid yang dikeluhkan selama ini dapat tuntas secara bertahap. Mohon doa kepada segenap masyarakat,” harapnya.

Ia juga berpesan kepada segenap masyarakat Kota Dumai untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di sungai agar banjir di Dumai Kota Idaman dapat berkurang bahkan tuntas.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah menerangkan bahwa konsep Restorasi atau Naturalisasi adalah upaya pembenahan sungai dengan cara alamiah, dengan memperhatikan ekosistem lingkungan.

Naturalisasi Sungai Masjid ini bertujuan untuk mengelola arus sungai agar air dapat meresap ke dalam tanah di sepanjang perjalanannya ke hilir, dengan mempertahankan kelokan sungai dan penetapan jalur hijau disepanjang sungai.

Konsep ini tetap mempertimbangkan salah satu fungsi Sungai Masjid di Kota Dumai sebagai pengendali banjir, dan alhamdulillah pengerjaan sudah dilakukan sejak hari Senin tanggal 3 Juli 2023 lalu, dan telah berjalan lebih kurang 600 meter. Untuk target rencana naturalisasi akan dikerjakan sepanjang 4 kilometer,” ungkapnya.

Riau berharap, dengan konsep naturalisasi ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Dumai terhadap lingkungan sekitar, khususnya Sungai Masjid.(Fitri)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
INVESTIGASI 86 di Google News