More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Diduga PT GSL Buang Limbah Ke DAS Bedeng Sikuran Inuman

Kuansing – Diduga perusahan sawit PT. Gemilang Sawit Lestari (GSL) yang berlokasi di Inuman membuang limbah dengan sengaja ke sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) desa Bedeng Sikuran kecamatan Inuman kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) provinsi Riau.

Hal ini berdasarkan laporan dari beberapa warga desa Bedeng Sikuran kecamatan Inuman kabupaten Kuansing kepada Tim awak media salah satu warga setempat inisial MD yang enggan disebutkan namanya mengatakan “Sungai di desa kami tidak bisa lagi digunakan semenjak pabrik ini berdiri.” Selasa (03/10/2023)

“Sepertinya limbah pabrik itu sengaja dibuang ke Daerah Aliran Sungai kami sehingga air tersebut tidak bisa digunakan lagi.” Ujarnya

“Sudah 7 tahun lebih Air yang mengalir di Desa kami tidak bisa dijadikan Air Minum pak.” Ungkapnya

“Lihat aja itu pak air sungainya, jangankan untuk minum untuk mandi aja kita juga takut pak terkena limbah dari pabrik sawit tersebut.” Tambahannya

“Airnya berlumpur berwarna hitam pak takut nanti ada efek apa-apa pada bagian tubuh jika digunakan untuk mandi, kalau dulu iya memang air sungai ini kami minum namun semenjak berdirinya PT GSL tersebut kami mencari sumber mata air bersih lain untuk keperluan konsumsi dan keperluan mandi serta mencuci.” Katanya dengan nada sedih

Lebih kurang sekitar 7 tahun lebih masyarakat desa Bedeng Sikuran sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), sungainya diduga tercemar limbah perusahan sawit PT. Gemilang Sawit Lestari (GSL) yang berlokasi di kecamatan Inuman kabupaten Kuansing.

Saat ditanya kepada salah satu warga kenapa warga tidak melapor ke pihak Desa atau Pemerintah kabupaten pak terkait limbah ini?

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan “Jangankan kades pak, ke bapak Suhardiman Amby dulu sebelum beliau jadi bupati juga pernah kami meminta agar dicarikan solusi atas ini semua, namun air sungainya tetap seperti ini pak.”

“Kita memang sudah dibuatkan sumur cincin oleh pihak perusahaan pak, namun airnya tetap gak bisa untuk diminum, palingan hanya buat nyuci.” Ujarnya

Mendengar keterangan beberapa warga desa Bedeng Sikuran tersebut, tim awak media mencoba konfirmasi mempertanyakan kepada Pak Susanto selaku menejer PT GSL melalui WhatsApp (04/10/2023), namun sampai berita ini diterbitkan belum ada jawan atau keterangan dari Menejer tersebut. (Tim/Zul)

 

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!
INVESTIGASI 86 di Google News