fbpx
INFORMASI
Informasi yang dimuat di media online investigasi86.com dapat berupa fakta, narasi dan opini, serta hasil dari kajian para jurnalis investigasi86.com, Tentunya informasi yang dimuat bisa berisikan fakta dan analisa terkait suatu peristiwa yang ditemukan di lapangan.
Tajam Mengabarkan Fakta
Indeks

Masyarakat Adat Kecewa, Tiba-Tiba Tanahnya Di Patok Untuk IKN

Jokowi pada saat ritual Kendi nusantara

Investigasi86 • Proyek Ibu Kota Negara (IKN) ternyata memiliki segudang polemik,mulai dari polemik wilayah IKN yang akan terindikasi akan dikuasai oleh pihak asing,sampai masalah pembebasan lahan yang masih belum jelas.

Yati Dahlia seorang ibu rumah tangga dari Suku Balik Paser, adalah seorang warga asli Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dia merasa kecewa ketika melihat lahan rumahnya tiba-tiba dipasangi patok untuk pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nanti.

Yati Dahlia pun meminta agar pemerintah memberikan kejelasan terkait pencaplokan tanahnya itu. Yati mengatakan, rumahnya yang berjarak sekitar 10-15 kilometer dari Titik Nol IKN telah di patok untuk proyek IKN.

Pada Awalnya Gubernur Kaltim menyebutkan bahwa tanah warga tidak masuk kedalam area IKN. “Namun yang kami alami di sini, plangnya sudah sampai ke permukiman warga,” kata Yati dalam webinar Bersihkan Indonesia, Selasa (15/3/2022).

Yati sangat kaget dan merasa kecewa sekali ketika dirinya melihat plang patokan tanah tersebut terpasang. Padahal yati dan beberapa warga setempat telah menempati tanah itu selama puluhan tahun lebih. Tanah tersebut mereka dapatkan secara turun-temurun dari orang tua mereka terdahulu.