The Power Of Sedekah

The Power of SEDEKAH

Oleh : Nanny Masniati

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata (menyesali) Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)-ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al-Munafiqun :11)

Seseorang yang meninggal itu, ketika melihat dosanya, sedekahlah salah satunya yang dapat menghapuskan dosanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Turmudzi, Ahmad, al-Baihaqi, an-Nasa`i, dishahihkan Al-Albani).

Ketika orang yang akan meninggal tengah menghadapi hebatnya sakaratul maut, sedekah juga dapat melapangkan dadanya, sehingga, ia dapat melepaskan nyawa dengan husnul khatimah.

Sabda Rasulullah Saw, “Sesungguhnya, sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk.” (HR Tirmudzi, Ibnu Hibban, dan Tirmizi).

Demikian juga, ketika seorang yang meninggal melihat api neraka yang siap menerkamnya. Ia melihat amalan sedekah bisa menyelamatkannya dari api neraka.

Inilah yang dipesankan Rasulullah Saw, kepada istrinya Aisyah ra, “Wahai Aisyah, berlindunglah dari siksa api neraka walau dengan sebutir kurma.” (HR Ahmad, al-Bazzar, dan Ibnu Khuzaimah).

Sedekah adalah amalan yang praktis, mudah, dan sangat dahsyat sebagai penyelamat seseorang di akhirat kelak.

Bersedekah tak begitu sulit, tak menyita waktu, dan tak menguras keringat. Sedekah bisa dilakukan siapa pun dan di manapun. Sedekah tak perlu ritual khusus, seperti harus berwudhu jika hendak shalat, harus istitha’ah (berkesanggupan) jika ingin haji, dan seterusnya.

Sahabat sekalian, alangkah indahnya jika saja sedekah menjadi bagian dari keseharian kita.

Alangkah bahagianya jika sedekah, menjadi amalan yang begitu ringan untuk kita lakukan.

Sejatinya sedekah adalah tabungan akhirat kita. Jika kita bersedekah, sesungguhnya bukan menolong orang lain yang kita sedekahi, namun menolong diri sendiri dari api neraka.

Malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah. “Ya Allah, berilah orang yang bersedekah, gantinya,” seru para malaikat sepenjuru langit mendoakan orang yang bersedekah. (HR Bukhari Muslim).

Begitu dahsyatnya pahala sedekah, sehingga para malaikat mendoakan segenap kebaikan bagi ahli sedekah.

Dalam hadis Bukhari diterangkan, seorang wanita pelacur diampuni dosanya hanya karena memberi setadah air kepada seekor anjing.

Abu Hurairah ra, menyebutkan, telah diampuni seorang wanita pelacur yang lewat di depan anjing kehausan yang menjulurkan lidah. Ia melepaskan sepatunya untuk mengambil air di sebuah sumur untuk memberi minum si anjing yang kehausan. Maka, Allah Swt berkenan mengampuni dosa si pelacur karena sedekahnya itu. (HR Bukhari).

Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah Saw, bersabda :

“Tidak ada hari kecuali setiap hari tersebut ada dua malaikat yang turun setiap pagi dan berkata salah seorang diantara mereka, ‘Ya Allah berilah ganti bagi orang yang berinfaq‘, dan berkata malaikat yang lain, ‘berilah kebinasaan bagi orang yang kikir.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang yang rajin berinfaq ia mendapatkan keberkahan dalam hartanya sebagaimana disebutkan dalam hadits yang lain.

“Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Tirmidzi)

Kemudian sahabat Abu Hurairah ra, meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Saw, bersabda :

Tidaklah salah seorang diantara kalian bersedekah dengan satu biji kurma dari sumber penghasilan yang baik kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Kemudian Allah memeliharanya sebagaimana salah seorang diantara kalian memelihara anak kudanya atau anak untanya sampai seperti sebesar gunung atau lebih besar lagi.

Sahabat sekalian, mari bersama kita jadikan sedekah sebagai kebiasaan. Tak harus dengan rupiah, harta atau segala yang silau kemilau. Tersenyum dan perkataan yang baik, itupun sudah menjadi sedekah.

Setiap orang dibawah naungan sedekahnya hingga diputuskan hukum diantara manusia”.(HR Ahmad dan Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Al-Qur’an Asy Syifa

( Dan dikutip dari berbagai sumber).

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com