AMAN Realisasikan Untuk Masyarakat Pulau Halang

Rohil – AMAN (Afrizal. Sulaiman Realisasikan Untuk Masyarakat Pulau Halangi karena tidak tersedianya sarana khusus yang diperuntukan bagi warga yang butuh pertolongan medis di Pulau Halang, Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rohil selama ini membuat masyarakat sangat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk bisa berobat warga harus menyewa Kapal hingga Rp1 juta menuju pelabuhan Bagansiapiapi agar dapat datang ke RSUD Dr RM Pratomo. Hal itu di sebabkan minimnya tenaga medis di pulau tersebut.

Hal inilah yang di alami oleh warga Kepenghuluan Pulau Halang Depan salah satu dari tiga Kepenghuluan yang berpenduduk sekitar 900 lebih Kepala Keluarga (KK) tersebut. Kondisi ini terungkap berkat informasi yang di dapat dari Penghulu Pulau Halang Muka, Abdul Rahman saat dihubungi beberapa saat lalu. Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Rohil, H. Sulaiman, SS, MH mengaku sangat bersimpati dan merasa cukup prihatin.

Namun demikian, dirinya mengaku bahwa Pemkab Rohil sudah pernah menganggarkan pengadaan Kapal Ambulan tahun lalu namun, rencana itu tak dapat di realisasikan. “Kami sempat membahas hal ini tadi bersama pihak terkait setelah munculnya pemberitaan itu. Sebenarnya kita sudah menganggarkan tahun lalu Kapal Ambulan tujuan Panipahan Bagansiapiapi namun tidak bisa terealisasi karena prosesnya cukup rumit,” aku Wabup.

Di jelaskannya saat ini untuk mengadakan sesuatu seperti Kapal Ambulan misalnya prosesnya tidak seperti dulu dengan mudah bisa direalisasikan. “Saat ini aturan sangat ketat dan prosesnya juga sangat rumit sehingga kita tidak bisa dengan mudah merealisasikan apa yang di rencanakan. Namun, kita akan kembali mengupayakan bagaimana caranya kedepan ada Kapal Ambulan bila memang itu sangat di butuhkan,” sebut Wabup.

Walaupun Kabupaten Rohil telah berusia 20 tahun akan tetapi pada prinsipnya masih banyak kekurangan yang bersifat untuk kepentingan masyarakat yang sangat-sangat dibutuhkan. Hanya saja, ada kekawatiran dari Kepala Desa untuk mengungkap hal tersebut dengan berbagai alasan. Padahal pada prinsipnya kepala daerah seperti Bupati maupun Wakil Bupati butuh informasi tersebut agar supaya bisa di pikirkan bagaimana menyelesaikan persoalan itu.

Menangapi pemberitaan soal harapan adanya Boad khusus yang bisa digunakan bagi warga Pulau Halang yang membutuhkan pertolongan segera kapan saja agar bisa secepatnya di larikan ke RSUD Pratomo Bagansiapiapi Wabup mengaku sangat berterimakasih kepada Penghulu Pulau Halang Muka. “Jangan pernah takut untuk memberikan informasi selagi itu untuk kepentingan masyarakat. Justru kami akan sangat berterimakasih dan akan memikirkan bagaimana jalan keluarnya supaya apa yang di butuhkan itu bisa di wujudkan,” ungkap Wabup singkat. (Rahmad andrian)

 

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com