Perusahaan Ambil Kesempatan, Kebijakan Presiden Di Revisi

Kebijakan Presiden, berdasarkan hasil rapat terbatas lintas kementerian, pemerintah merevisi larangan ekspor terbatas hanya pada RBD palm olein yang merupakan bahan baku minyak goreng sawit.

Harga Tandan Buah Segar (TBS) jadi korban peburunan harga, berdasarkan data Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) harga tandan buah segar (TBS) petani anjlok ke Rp.1.600 dari sebelumnya Rp.3.850/Kg TBS.Fenomena ini hampir merata di 22 provinsi sawit.

Larangan ekspor terbatas pada produk yang termasuk dalam tiga harmonized system (HS) code, yakni yang terkait dengan RBD palm olein sebagai berikut,1511.90.36, HS,1511.90.37, HS,1511.90.39. HS

Seandainya benar hanya Refined, Bleached, Deodorized (RBD) palm olein yang dilarang ekspor, maka mafia CPO semakin menggerakan ekspor CPO besar-besaran yang dilakukan produsen dan menekan harga Tandan Buah Segar (TBS).

Pasalny RBD palm olein adalah hasil rafinasi CPO. RBD palm olein kemudian difraksinasi menjadi RBD olein atau minyak goreng curah dan RBD stearin.

Oleh : Nazar EL Mahfudzi

Peneliti, Pusat Studi Islam dan Pancasila (PSIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com