More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta

Daftar Pekerjaan Yang Akan Punah, Apakah Pekerjaanmu Termasuk? Siap-siap Ganti Profesi

Ilustrasi robot yang akan menggantikan peran manusia di masa mendatang, sumber: pixabay
INVESTIGASI 86 di Google News

Investigasi Teknologi • Beberapa jenis profesi dan pekerjaan manusia di dunia ini, diprediksi akan punah dan hilang di masa depan karena robot, hal tersebut dikarenakan menyusulnya perkembangan teknologi di seluruh aspek kehidupan.

Adaptasi dari Teknologi robot, tentu nantinya akan menggantikan peran kita sebagai manusia di beberapa sektor pekerjaan maupun profesi.

Menurut laman BBC, pada tahun 2019 lalu ada sekitar 20 juta pekerjaan manufaktur dunia yang pada tahun 2030 mendatang diprediksi akan dikerjakan menggunakan system robot. Laporan tersebut berdasarkan analisis dari Oxford Economics.

Menurut analisis yang sama, sejumlah wilayah yang rentan akan digantikan oleh robot adalah seperti wilayah yang memiliki pekerja dengan pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah.

Untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang akan digantikan oleh robot, berikut daftar pekerjaan yang diprediksi akan digantikan oleh robot seperti dikutip dari Computerhope, Kamis (18/8/2022).

1. Bagian perakitan dan pekerja pabrik

Pada saat ini, Robot sudah digunakan hampir pada seluruh pekerjaan yang bermanufaktur besar. Komputer saat ini juga sudah bisa merakit produk seperti mobil dan kendaraan bermotor lainnya.

Untuk memprogram sebuah robot juga mudah dan tak perlu memerlukan teknisi yang terampil. Robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics juga dapat diprogram oleh siapapun.

2. Sopir Bus, Taksi, dan Truk

Ini berhubungan dengan munculnya mobil otonom yang menggunakan Artificial Intelijen (AI) serta jaringan internet untuk melayani pengguna secara online.

Beberapa tahun ke depan bukan tak mungkin akan banyak kendaraan tersebut yang dapat ditemui di jalanan seluruh dunia bahkan di negara kita Indonesia ini.

Namun hal ini tentu juga akan berpotensi besar akan adanya kehilangan pekerjaan. Teknologi otonom dapat menggantikan pekerjaan sopir bus, taksi, dan truk.

Bahkan juga bisa untuk kendaraan berat, seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan atau konstruksi.

3. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis

Teknologi voice recognition mungkin dapat lebih canggih lagi di masa depan. Dengan begitu akan membuat perusahaan menggunakan mesin dan menggantikan manusia dalam pekerjaan seperti operator telepon, telemarketer maupun resepsionis.

Ilustrasi robot yang akan menggantikan peran manusia di masa mendatang, sumber: pixabay

4. Kasir

Saat ini beberapa toko bahkan sudah tak ada lagi mesin pembayaran yang dijaga oleh seorang kasir.

Toko tersebut menggantinya dengan self-checkout atau pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan sendiri, seperti penggunaan barcode di beberapa gerai dan toko retail yang di pajang di tokonya.

Manusia mungkin masih dibutuhkan, tetapi hanya sebatas untuk melakukan pengawasan operasinya. Tapi itu pun akan mewakili pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan lebih banyak orang.

5. Teller dan pegawai Bank

Dengan kemajuan teknologi ataupun adopsi uang digital seperti Link Aja, Dana, OVO, dan yang lainnya, mungkin banyak orang yang tak perlu lagi ke bank. Sebab nasabah bisa melakukan transaksi dalam smartphone mereka.

Ini membuat kegiatan yang dulunya harus dilakukan di sebuah bank, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Padahal sebelumnya nasabah akan pergi ke bank dan dilayani oleh pegawai untuk melakukan hal seperti setoran atau menarik uang.

6. Petugas pengepakan, ruang penyimpanan dan gudang

Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia ini dapat digantikan dengan robot. Salah satu yang sudah menerapkannya adalah Amazon yaitu pusat jual beli online/toko online terbesar didunia.

7. Apoteker

Sejumlah apotek menggantikan teknisi farmasi dengan mesin. Robot-robot itu melakukan pekerjaan seperti memisahkan dan menangani resep para pelanggan.

Robot tersebut diklaim bisa membantu mencegah kesalahan pada saat bekerja.

Inovasi ini juga hanya butuh ruang kecil karena hanya menggunakan seperti lengan robot.

8. Pengumpul informasi, analis dan peneliti

Robot bisa menyisir banyak dokumen serta menemukan fakta yang relevan seperti data nomor ponsel dan email dengan kata kunci.

Sejumlah analis keuangan juga digantikan komputer yang dirancang untuk menganalisis dan menemukan pola serta tren dalam data keuangan.

9. Pilot

Drone otonom sudah digunakan militer AS untuk melakukan pengawasan. Bahkan kendaraan itu sudah bisa menyerang tanpa butuh bantuan.

Di masa depan bukan tak mungkin drone bertambah canggih dan merambah ke sektor lain. Misalnya menggantikan pilot menerbangkan pesawat kargo.

10. Bartender

Sejumlah perusahaan sudah menggantikan bartender dengan sistem yang diprogram. Layanan seperti Briggo menggantikan manusia dengan robot untuk membuat minuman populer bahkan belajar membuat minuman baru.

Dikutip dari cnbcindonesia.com

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!