Terungkap Penyebab Langkanya Minyak Goreng

investigasi86.com • Yeka Hendra Fatika sebagai anggota Ombudsman RI menyebutkan bahwa ada tiga fenomena yang menyebabkan kelangkaan minyak goreng di ritel modern setelah pemerintah menetapkan harga Rp14 ribu per liter.

Temuan ini didapatkan setelah Ombudsman melakukan pemantauan di 34 provinsi seluruh Indonesia.

  1.  Terjadi penimbunan. Menurut Yeka seharusnya Satgas Pangan bergerak cepat dan tegas dalam menanganinya. Diduga banyak oknum dari retail modern yang melakukan penimbunan minyak goreng dalam beberapa waktu terakhir.
  2. Terjadi pengalihan. Yeka menyebutkan bahwa ada oknum dari pasar modern yang menjual stok minyak goreng ke pasar tradisional. Adanya pengalihan yang seharusnya minyak goreng tersebut dijual di pasar modern seharga Rp14 ribu,namun minyak goreng tersebut dijual lagi ke pasar tradisional ke toko-toko dijual seharga Rp15-16 ribu. Tentunya masyarakat kalau mau ke pasar modern gak ada akses. Kalaupun ada akses ya belum tentu ada barangnya juga,” tutur Yeka.
  3. Panic buying. Pembeli Panik yang juga biasa disebut panic buying,banyak sekali terjadi dikalangan masyarakat.  Di tengah masayarakat Banyak sekali foto dan video yang dikirimkan ke Ombudsman,hal itu mencerminkan panic buying. Kenapa hal itu terjadi sehingga luput dari intervensi,” katanya.(red)
Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com