Tajam Mengabarkan Fakta

Pohon di Taman Jalur Di Pangkas, Pengunjung Kesulitan Cari Tempat Berteduh

Foto:

Teluk Kuantan • Kabupaten kuantan Singingi (Kuansing) merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau, yang secara geografis berada di garis khatulistiwa.

Dengan letak geografis kabupaten kuansing di tengah-tengah garis lingkar bumi, tentunya wilayah ini menjadi sebuah wilayah yang memiliki cuaca yang sangat ekstrim tentunya.

Seperti ibukota kabupaten Kuansing yaitu kota Teluk Kuantan. Yang mana kota teluk kuantan merupakan salah satu kota di Riau yang masih memiliki Hutan Kota sebagai paru-paru bagi kota Teluk kuantan.

Hutan kota yang berjarak sekitar 150 meter dari jantung kota Teluk kuantan, saat ini masih eksis tentunya dan masih bisa diandalkan oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi dan tempat berteduh disaat teriknya matahari yang menyengat.

Namun tepat di jantung kota Teluk Kuantan juga terdapat alun-alun kota yang juga sejuk karena banyaknya pohon-pohon yang rimbun sebagai tempat berteduh bagi pelancong dan masyarakat sekitar yang ingin bersantai ria di taman yang biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai “Taman Jalur”.

Namun kini taman jalur tersebut tidaklah sejuk dan nyaman lagi bagi para pengunjung yang ingin bersantai ria di alun-alun tersebut, Sabtu 4 Juni 2022.

Pohon-pohon besar sebagai tempat berteduh dan berlindung bagi pengunjung terlihat gundul di bagian sisi barat taman tersebut, sehingga membuat para pengunjung banyak yang mengeluh dengan di tebangnya beberapa pohon tersebut.

Foto: taman jalur yang dulunya rimbun, sejuk, dan nyaman, sekarang sudah gundul dan panas.

Kalo kek gini gak panas lagi bang, udah masak kita bang kalau pas siang-siang gini” ujar salah seorang pengunjung taman jalur saat ditanyai awak media.

Atas adanya keluhan masyarakat tersebut, Tim media investigasi86.com melalui telepon seluler mencoba menghubungi Bapak Rustam plt Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuansing untuk mempertanyakan perihal ditebangnya beberapa pohon yang ada di alun-alun kota tersebut.

Plt Kadis DLH Kuansing, Rustam menyebutkan bahwa pohon-pohon yang ada di taman itu bukan di tebang, melainkan hanya di pangkas saja.

Foto: Salah satu pohon yang telah di pangkas.

“Itu pohon bukan ditebang, itu hanya di pangkas saja” tutur Rustam kepada tim investigasi86 via telepon seluler.

Lebih lanjut Rustam menyebutkan bahwa pohon-pohon ditaman tersebut di pangkas karena akan menyambut perhelatan pacu jalur yang akan di adakan pada bulan Agustus nanti.

“Itu pohon-pohon hanya dipangkas saja, lantaran mendekati pacu jalur, jadi biar pengunjung bisa aman dari hal-hal yang membahayakan yang ditimbulkan dari pohon tersebut” jelas Rustam.

Dan plt kadis DLH Kuansing juga memastikan bahwa pohon-pohon tersebut akan tumbuh kembali nantinya, karena sejatinya itu pohon hanya dipangkas saja, bukan ditebang.

Foto: “Pohon yang telah dipangkas dan dijamin akan tumbuh kembali” Kadis DLH kuansing Rustam.

Itukan hanya dipangkas saja, nanti juga bakalan tumbuh lagi kok” tutupnya.(red)

 

Menu