“Jumlah TKA China Mencapai 37.711” Cetak Rekor Sepanjang 2021

investigasi86 • “Jumlah TKA China Mencapai 37.711” Cetak Rekor Sepanjang 2021.

Perlu kita ketahui bersama bahwa China adalah salah satu negara yang menjadi penyumbang Tenaga Kerja Asing (TKA) terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pada tahun 2021,total sekitar 37.711 orang rakyat China telah mendiami penjuru tanah air ini.

Suhartono sebagai Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan menyebutkan bahwa sebenarnya secara keseluruhan dari 2019 sampai 2021 jumlah TKA yang ada di negara ini mengalami penurunan.

Ini trennya menurun tapi yang terbesar adalah dari China, kemudian dari Jepang, dan kemudian dari Korea Selatan,” kata Suhartono saat rapat dengan Komisi IX DPR RI yang tayang secara virtual, dikutip pada Rabu 9 February 2022.

Memang belakangan ini pemerintah Indonesia lagi gencar-gencarnya mengimpor TKA ke tanah air ini,lantaran banyak proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang membutuhkan tenaga kerja dari luar,dikarenakan SDM yang ada di Indonesia tidak cukup dan tidak memadai untuk memenuhi kapasitas tenaga kerja yang ada,ucap” Luhut Binsar Panjaitan,beberapa waktu lalu.

Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian belakangan juga mengungkapkan bahwa kondisi tenaga pengajar yang ada di Indonesia dalam sektor pengembangan sumber daya manusia (SDM) masih kurang. Namun, kekurangan tersebut bisa kita ditutupi dengan merekrut dan mengimpor tenaga kerja asing.(red)

Advertisements
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com