More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
INVESTIGASI 86 di Google News

Data IQFAST Karantina Pertanian Cilegon Mencatat dari 2021 hingga Februari 2023, Nilai Ekonominya Mencapai Rp. 4,5 triliun

Data IQFAST Karantina Pertanian Cilegon mencatat dari 2021 hingga Februari 2023

Cilegon • Data IQFAST Karantina Pertanian Cilegon mencatat dari 2021 hingga Februari 2023, Karantina Pertanian Cilegon telah menerbitkan Phytosanitary Certificate (PC) untuk memfasilitasi persyaratan ekspor komoditas pertanian asal Banten. Capaian nilai ekonominya diperkirakan mencapai Rp. 4,5 triliun.

Arum juga menjelaskan secara volume, kinerja ekspor 3 tahun berturut turut dari 2019 s/d 2022 selalu mengalami peningkatan.

Nilai ekspor pada 2020 mencapai Rp. 1,2 triliun, meningkat 45 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ditahun 2021 dan 2022 juga mengalami peningkatan nilai ekonomi sebesar 37 persen dan 36 persen dengan nilai Rp. 2 triliun dan Rp. 3,2 triliun.

“Kinerja yang baik ini tercipta atas kerjasama dan kepatuhan dari 120 perusahaan/pelaku usaha ekspor impor dan 13 fumigator yang telah teregister,” ucap Arum.

Menurutnya, salah satu potensi ekspor terbesar di wilayah Banten adalah ekspor sarang burung wallet. Dimana rumah walet yang telah teregister G to G (Government to Government) dengan GACC ada 107 rumah walet yang tersebar di tiga kabupaten yaitu Serang, Lebak dan Pandeglang. Banten juga telah memiliki tiga mitra processing atau tempat pengolahan sarang burung wallet.

Dari sektor tumbuhan ada potensi dari turunan tanaman talas beneng yang telah dimanfaatkan yaitu olahan daun talas dan umbi talas. Sebagai informasi daun dan umbi telah diekspor melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selain talas beneng ada juga potensi ekspor produk herbal seperti rempah-rempah, minyak cengkeh, Kopi, minyak sereh dan vanili.

Untuk menunjang akselerasi ekspor komoditas unggulan tersebut, fasilitas yang tersedia di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di pelabuhan Cigading dan Pusat pelayanan Satu Atap (PPSA) di Pelabuhan Ciwandan akan terus ditingkatkan agar dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat. Fasilitas berupa biosecurity spraying automatic, kantor dan alat perkantoran lantai 1 , akses internet, mini laboratorium dan ruang rapat lantai 2 telah tersedia.

Kegiatan “Expo Sinergi Pelayanan Ekspor di Pelabuhan” diawali dengan senam pagi bersama instansi dan stakeholder terkait, yaitu Bea Cukai Merak, KSOP Kelas I Banten, SKIPM Merak, Imigrasi Kelas II Cilegon, KKP Kelas II Banten, TNI dan Polri, Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cilegon, Krakatau Internasional Port, Pelindo II Banten, Bank Indonesia Banten, Bandar Bakau Jaya.

Serta dimeriahkan oleh beberapa eksportir PT. Tereos FKS Indonesia, PT. Bungasari Flour Mills, PT. Pundi Kencana, PT. Golden Grand Mills, PT. Nutrindo Bogarasa, PT. Wilmar Nabati Indonesia,PT. Charoen Pokphand Indonesia, PT. Era Pest dan ASPPHAMI Banten.(red)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!