fbpx
INFORMASI
Informasi yang dimuat di media online investigasi86.com dapat berupa fakta, narasi dan opini, serta hasil dari kajian para jurnalis investigasi86.com, Tentunya informasi yang dimuat bisa berisikan fakta dan analisa terkait suatu peristiwa yang ditemukan di lapangan.
Tajam Mengabarkan Fakta
Indeks

APPBI Larang Pedagang Jualan Pakaian Impor, Bagaimana Regulasi Sebenarnya?

Foto: Pedagang pakaian di City Mall simpang kota Cilegon yang mendapatkan surat larangan berjualan pakaian bekas impor.

CILEGON • APPBI Larang Pedagang Jualan Pakaian Impor, Bagaimana Regulasi Sebenarnya? Sejumlah para pedagang pakaian yang bertempat di pusat perbelanjaan di kota Cilegon mengaku mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari pihak pengelola pusat perbelanjaan yang ada di kota cilegon.

Seperti pusat perbelanjaan City Mall simpang kota Cilegon yang telah memberikan surat edaran dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) kepada Beberapa pedagang pakaian yang ada di mall tersebut.

Surat tersebut berisikan Peringatan Untuk Melarang Penjualan Pakaian Bekas Yang Berasal Dari Impor.

Berikut isi suratnya;

Sehubungan dengan maraknya penjualan pakaian bekas yang berasal dari impor oleh Penyewa di beberapa Pusat Perbelanjaan maka dengan ini disampaikan agar semua Pusat Perbelanjaan anggota APPBI untuk selalu mengingatkan para Penyewa dan melarang penjualan tersebut.

Sebagaimana telah diketahui bahwa pemerintah telah melarang impor pakaian bekas yang diatur berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2021 ( terlampir ) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor ( terlampir)

Pusat Perbelanjaan anggota APPBI wajib untuk selalu memastikan para Penyewa memahami dan tidak melakukan pelanggaran atas ketentuan yang diatur dalam peraturan tersebut di atas.

Surat peringatan tersebut tidak dipermasalahkan oleh sejumlah para pedagang pakaian yang ada di City Mall jika hal tersebut diterapkan pada semua kios ataupun galery yang menjual pakaian yang ada di mall tersebut.

Foto: Salah satu kios Pedagang pakaian di City Mall simpang kota Cilegon yang mendapatkan surat larangan berjualan pakaian bekas impor dari APPBI.

Namun yang menjadi keberatan sejumlah para pedagang, peringatan tersebut tidaklah diterapkan secara menyeluruh, melainkan hanya kepada para pedagang kecilnya saja. Seperti ungkapan salah seorang pedagang pakaian, sebut saja “Bobi”.

Bobi menyebutkan bahwa ada sejumlah Galery Besar yang menjual Pakaian yang sama seperti yang mereka jual, namun tidak ikut mendapatkan teguran/peringatan.

Tampaknya hanya pedagang kecil seperti kita aja yang di tegur, sementara galeri-galery yang besar itu tidak ditegur” ujar Bobi kepada media, 28/09/2022.(deni)