More results...

Generic selectors
Cari yang sama persis
Cari berdasarkan judul
Cari berdasarkan konten
Post Type Selectors
Filter by Categories
Bangka Belitung
Berita Indragiri Hilir
Berita Kriminal
Berita Kuansing
Catatan Muslim
Daerah
Edukasi
Hiburan
Internasional
Investigasi
Jakarta
Kabupaten Gunung Kidul
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Karimun
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Lahat
Kabupaten Lahat Online
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan hilir
Kabupaten Siak
Kesehatan
Kota Batam
Kota Dumai
Kota Manado
Lampung Barat
Maluku
Maluku Utara
Narasi dan Opini
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Papua
Provinsi Aceh
Provinsi BALI
Provinsi Banten
Provinsi Bengkulu
Provinsi DIY
Provinsi Jambi
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kepri
Provinsi Lampung
Provinsi Riau
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Sumatera barat
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatra Utara
Sejarah
Video
Yogyakarta
INVESTIGASI 86 di Google News

Ada 3 Cara Untuk Membedakan Berita Hoax Dan Berita Kredibel

Di era internet saat ini sebuah kabar dan informasi berita sangatlah cepat bisa sampai dimata dan ditelinga kita, namun kadangkala kita sebagai user atau pengguna sering kali menelan berita itu mentah mentah, tanpa menelusuri dan mencari tau kebenaran dari berita tersebut.

Ketika sebuah berita itu sampai dihadapan kita, baik berupa media cetak,ataupun media sosial yang berupa artikel, kemudian kita akan membaca tulisan tersebut.

Dan ketika kita mau membaca berita tersebut, apa yang mesti kita lakukan terlebih dahulu agar kita bisa membedakan berita tersebut kredibel dan memiliki sumber yang jelas?

Berikut beberapa tips agar kita bisa mencermati dan memahami isi dari berita tersebut, agar kita tidak mudah termakan oleh berita hoax atau berita yang tidak jelas, dan kita bisa menelusuri sumbernya untuk mencari kebenaran sebuah berita tersebut.

1. Apa nama media yang membawakan berita tersebut.

Kita musti melihat dulu siapa yang membawakan berita tersebut kepada kita.Yang membawakan berita bukan berarti yang menshare atau yang membagikan beritanya kepada kita.

Namun yang kita maksud, yang membawakan berita tersebut adalah berupa portal beritanya jika beritanya berasal dari media online, dan kalau beritanya dari media cetak, tentu nama media cetaknya dulu yang kita lihat dan musti kita ingat.

2.Siapa penulis berita tersebut.

Kalau kita sudah mengetahui nama media yang membawakan berita tersebut, selanjutnya kita musti tau siapa yang menulis berita tersebut.

Kalau dimedia online dan media cetak, itu biasanya dicantumkan nama penulis berita tersebut, kalau tidak ada nama penulis berita tersebut, biasanya redaksi dari media tersebut yang menulisnya, biasa diberi kode (red) diakhir maupun di awal artikel berita tersebut.

3.Dari mana asal atau sumber berita tersebut.

Kalaulah penulis berita tersebut seorang jurnalistik yang profesional, maka didalam artikel yang ditulisnya, sang penulis akan mencantumkan sumber dari berita tersebut.

Misalkan sebuah berita yang di tulis merupakan berita tentang angka orang yang meninggal akibat covid, maka jurnalis musti menelusuri hal tersebut dengan melakukan investigasi mendalam kepada pihak terkait, bisa seperti dokter forensik yang menyatakan korban tersebut meninggal dunia akibat virus secara rinci dan jelas, agar tidak menimbulkan polemik dikalangan masyarakat.

Dan kalaulah artikel yang dibuat oleh sang penulis berupa sebuah hasil investigasi, maka sang penulis wajib mencantumkan data dari hasil investigasi nya tersebut.

Itu semua kita terapkan agar jelas kredibilitas dari berita tersebut, dan kita sebagai pembaca, jadilah pembaca yang smart dan teliti.

Ketiga hal tersebut kenapa musti kita terapkan? Itu semua agar kelak dikemudian hari apabila ada pihak yang menuntut dan mempertanyakan tentang validasi berita tersebut, maka kita benar benar bisa memvalidasi dan memverifikasi kebenaran dari sumber berita tersebut.

Itulah tadi beberapa tips agar kita bisa terhindar dari berita hoax dan bisa mengambil sebuah berita yang benar benar kredibel dan bisa dipercaya.(red)

Klik tombol tindakan dibawah sesuai pilihanmu untuk membagikan informasi ini!